Wisatawan Malaysia Berkunjung ke Ferstival Ramadhan

BANDA ACEH | AcehNews.net – Tidak hanya warga setempat, arena Festival Ramadhan 2019 juga dikunjungin oleh turis dari negeri Jiran Malaysia. Selain menikmati aneka hiburan, mereka juga menikmati aneka takjil berbuka puasa yang dijual disana.

Belasan turis muda asal Malaysia terlihat sibuk memilah dan milih aneka takjil untuk berbuka puasa. “Semua enak jadi bingung mau  ambil yang mana,” ujar Noor seorang turis muda Asal Malaysia.

Sebagian lainnya juga berkunjung ke stand non kuliner yang juga meramaikan festival ramadhan 2019 di Taman Budaya Banda Aceh.

Sebanyak limabelas turis muda ini adalah para relawan yang tergabung dalam kelompok Volunteering Trip Malaysia (VTM). Ini adalah sebuah kelompok  tur charity atau kelompk tur yang tujuannya adalah bersedekah.

Ayuni Nazlan,  program coordinator Volunteering Trip Malaysia (VTM, mengatakan VTM adalah kelompok yang menghimpun para orang muda untuk berwisata sambil bersedekah. “Mereka ini adalah relawan, datang berkunjung ke suatu tempat dan sekalian melakukan kegiatan sosial ditempat tersebut, jadi tidak hanya berwisata saja, tapi juga berbagi dengan penduduk setempat,” jelas Ayuni, Minggu sore (19/5/2019).

Sudah tiga tahun terakhir, VTM selalu menjadikan Aceh sebagai destinasi mereka, terutama saat bulan ramadhan. “ Tahun ini surprise sekali ada Festival Ramadhan di sini, jadi lebih senang lagi jalan-jalannya. Kami selalu mencari tujuan wisata yang baru dan menarik, yang belum pernah dikunjungi orang lain, seperti perkampungan, desa-desa yang unik dan lainnya,” jelas Ayuni.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin, mengatakan, selain turis domestik, kegiatan Festival Ramadhan memang menargetkan turis muslim mancanegara, mengingat Aceh sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata halal di Indonesia.

“Tahun ini banyak turis dari Malaysia datang kesini, dan diharapkan tahun berikutnya bertambah turis mancanegara yang hadir yang menikmati suasana ramadhan di Aceh, sehingga meningkatnya jumlah wisatawan bisa meningkatkan pemasukan daerah,” jelas Jamaluddin. (Dara Elchi)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com