Kerugian Negara Rp1, 1 M
Sempat Buron, Mantan Kadisbudparpora Pidie Ditangkap Jaksa

PIDIE | AcehNews. Net – Kejari Pidie akhirnya menangkap mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisbudparpora) Pidie, Arifin atas kasus dugaan korupsi pengadaan lapangan sepak bola di Gampong Pante Garot, Kecamatan Indrajaya, Pidie.

Arifin ditangkap di rumahnya yang berada di kawasan Gampong Teungoh Drien, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Rabu (18/9/2019). “Dia, yang bersangkutan ditangkap Kejari Pidie siang tadi sekira pukul 12.30 WIB,” ujar Kajati Aceh, Irdam melalui Kasi Penkum dan Humas, Munawal Hadi. 

Arifin pun kini telah diamankan petugas untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut termasuk pemeriksaan kesehatan di Kejari Pidie sebelum nantinya ditahan.

Seperti diketahui, Arifin masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Kejari Pidie sejak November 2018 lalu. Ia diduga terlibat dalam kasus yang merugikan negara senilai Rp 1,1 miliar dari total pagu anggaran pengadaan sebesar Rp2,3 miliar. 

Sementara, diketahui penangkapan Arifin di rumahnya sempat diwarnai perlawanan. Kajari Pidie, Efendi mengatakan, perlawanan dilakukan dari pihak keluarga sehingga dilakukan upaya paksa.

“Istrinya sempat menutup rumah tidak mau membukanya, saat hendak menangkap Arifin, sehingga dilakukan upaya paksa,” katanya secara terpisah.

Efendi menjelaskan, sejak dua bulan lalu pihaknya telah mengintai keberadaan Arifin yang diduga terlibat kasus tindak pidana korupsi pengadaan tanah lapangan bola kaki di Gampong Pante Garot, Kecamatan Indrajaya ini.

“Pagi tadi setelah mendapat informasi tersangka Arifin ternyata ada rumahnya, tim jaksa bergerak cepat menuju lokasi. Tersangka kita amankan di rumahnya meski dihalangi istrinya dengen cara menutup pintu rumah,” jelasnya.

Setelah ditangkap, Arifin langsung digelandang ke kantor Kejari untuk menjalani pemeriksaan. Untuk sementara, Arifin dititipkan ke Rutan Klas II B Sigli.

“Setelah BAP selesai maka berkasnya akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikal di Banda Aceh. Tersangka Arifin juga sempat diperiksa kesehatan oleh tim dokter dari RSU Tgk Chik Di Tiro Sigli di kantor, sebelumnya menjalani proses pemeriksaan,” demikian pungkasnya. (Teks: Hafiz Photo: Ist)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com