Remaja Puteri di Papua Diajari Menampi Beras

MERAUKE | AcehNews.net – Remaja-remaja putri Kampung Kogir, Distrik Minyamur, Kabupaten Mappi, Papua diajari cara menampi beras oleh Satgas TMMD Ke-106 Kodim 1707/Merauke.

Komandan Kodim 1707/Merauke, Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P melalui Komandan Kompi Satgas TMMD Lettu Inf Antonius Kalambia mengatakan, bagi yang sudah terbiasa menampi beras dapat dilakukan dengan mudah, tetapi bagi pemula tentunya tidak mudah karena beras yang di tampi pasti banyak yang jatuh dan berhamburan.

”Kegiatan menampi beras ini bertujuan untuk memisahkan beras dan sisa-sisa gabah serta kotoran lain seperti butiran pasir dan menir. Ini merupakan arahan dari Dandim untuk mendampingi masyarakat dalam berbagai macam kegiatan positif,” terangnya kepada AcehNews.net, Ahad (20/10/2019).

Lettu Inf Antonius katakan, bantuan mesin penggiling memudahkan proses menumbuk padi. Namun demikian, beras gilingan yang dijual di pasar maupun kios masih perlu dibersihkan agar beras yang akan dimasak tidak bercampur dengan gabah maupun menir (patahan beras yang kecil).

“Keberadaan Satgas TMMD dalam membangun rumah yang sebagian sudah mulai rampung juga membina hubungan baik dengan seluruh lapisan masyarakat serta mengajari mereka,” demikian tandasnya. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *