Pertamina Bantu Masyarakat Aceh Budidaya Rumput Laut

AcehNews.net|BANDA ACEH – PT. Pertamina (Persero) Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat salah satunya melalui budidaya rumput laut. Di Provinsi Aceh budidaya rumput laut dilakukan di Kabupaten Aceh Jaya.

Area Manager Communication dan Relation Sumbagut PT Pertamina (Persero), Fitri Erika, Kamis (11/02/2016) di Banda Aceh menjelaskan, bantuan yang diberikan melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan ini telah memberikan hasil bagi pendapatan masyarakat Gampong Puloraya, Kecamatan Sampoi Niet, Aceh Jaya.

Lanjutnya, panen perdana rumput laut bantuan Pertamina dilakukan pada Selasa (09/02/2016) beberapa hari lalu di perairan Puloraya,Gampong Puloraya, Sampoi Niet. Panen perdana oleh kelompok petani dari “Kembang Rumput Laut” dengan luas sekitar 2 hektar lahan perairan ini berhasil memanen hasil sekitar 6 ton rumput laut.

“Bibit rumput laut itu berasal dari bibit yang didatangkan dari Lombok, Nusa Tenggara Barat pada awal Desember 2015 lalu. Untuk selanjutnya pembibitan dilakukan tanpa perlu mendatangkan lagi dari luar wilayah Aceh,”kata Erika.

Kata Erika, mengingat potensi kelautan yang sangat  tinggi, dalam pengembangan sumber daya kelautan Pertamina membantu warga untuk mengembangkan usaha rumput laut melalui kelompok usaha.

Rumput Laut di Aceh memiliki potensi  pasar yang cukup tinggi hanya belum tergarap dengan serius. Untuk itu Pertamina juga melakukan edukasi untuk mengembangkan rumput laut sampai ke tahap pengolahan sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomisnya dan mencapai pasar yang
lebih luas.

“Bantuan yang digulirkan ke kelompok tani ini tahap pertama sekitar Rp165 juta lebih, selanjutnya akan dikembangkan untuk memperluas area tanaman ini dengan total bantuan sebesar Rp253 juta yang berasal dari program Bina Lingkungan,”jelas Erika.

Ketua kelompok usaha “Kembang Rumput Laut”, Ahmadi berharap Gampong Puloraya bisa terus menjadi Desa Binaan Pertamina. “Kami berharap Pertamina terus memberikan bantuan dan pelatihan serta pengolahan hasilnya,”pinta Ahmadi.
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Aceh Jaya, Ridwan mengatakan, panen perdana ini dapat membangkitkan inspirasi masyarakat untuk mengikuti budidaya rumput laut. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *