Peringatan Hari Ibu 2020, Perempuan Aceh Dapat Rapid Test Gratis

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Rapid test gratis merupakan langkah penting untuk mengantisipasi meningkatnya wabah virus Corona di Aceh, khususnya dikalangan kaum ibu, sebab mereka adalah golongan kelompok yang sangat rentan terhadap ancaman penularan virus tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, saat hadir memeriahkan peringatan Hari Ibu ke-92 yang diperingati pada setiap 22 Desember 2020.

Tim Penggerak PKK Aceh bersama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Dinas Kesehatan, serta Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Aceh menggelar rapid test gratis untuk kaum perempuan di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Aceh, Jum’at (18/12/2020).

Pemberian rapid test gratis bagi perempuan Aceh ini ditandai dengan seremonial peresmian yang ditandai penekanan sirine dan pelepasan balon oleh Ketua Tim penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati didampingi oleh Kepala Dinas DP3A Aceh, Nevi Aryani dan Plt Ketua IKAPTK, T Syarbaini. Peresmian ini juga digelar serentak di 23 kabupaten/kota.

“Kesempatan ini harus dimanfaatkan kaum Ibu di daerah kita, mengingat pemeriksaan rapid test bukanlah sesuatu yang murah. Rapid test ini untuk indikasi awal virus di tubuh kita. Sehingga, kita dapat melakukan antisipasi sedini mungkin dan akan mempermudah penyembuhan. Selain itu, kita juga tidak menjadi orang yang menularkan virus ini kepada yang lain,” ujar Dyah.

Covid-19, kata Dyah, masih menjadi ancaman secara global. Bahkan di Indonesia sendiri kasus paparan masih cukup tinggi mencapai sekitar 6.000 kasus per hari dengan kasus terbesar masih didominasi kota-kota di Pulau Jawa.

“Kita bersyukur, sebab Aceh masih tergolong relatif rendah kasus paparan virus ini. Tapi bukan berarti Aceh aman dari Covid-19.” ujar Dyah.

Setiap harinya, ungkap Dyah, kasus paparan Covid-19 di Aceh masih saja ada penambahan, berdasarkan data Dinkes, kemarin ada tiga kasus terkonfirmasi Covid-19 di Aceh Besar serta lima kasus di kabupaten/kota lainnya, hal ini menunjukan bahwa Aceh pun masih belum terlepas dari jeratan dan ancaman Covid-19.

Oleh sebab itu, Dyah berharap, melalui kegiatan rapid test gratis ini, akan mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 di Aceh. Ia juga mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat Aceh agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, dengan menerapkan 3 M Mencuci tangan pakai sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak.

“Selama kita masih menunggu vaksin, ada baiknya kita tetap lakukan langkah preventif, dengan terapkan 3M dan hindari kerumunan, karena vaksin terbaik adalah Protokol Kesehatan,” tandas Dyah.

Salah seorang ibu rumah tangga di Kota Banda Aceh, Nur (34) mengatakan, dengan adanya rapid test gratis ini sangat membantu para ibu untuk memeriksa diri awal, sehingga penyebaran virus Corona di claster keluarga bisa dicegah. Ia juga mengucapkan terimakasih atas pelayanan rapid test gratis dari PKK, DP3A, Dinas Kesehatan, dan IKAPTK.

“Pemberian rapid test gratis yang diberikan kepada kaum perempuan di Aceh ini dalam menyambut peringatan Hari Ibu 2020 ini semoga juga dicontoh lembaga lainnya. Selain soal bantuan ekonomi juga rapid test gratis ini sangat dibutuhkan tidak saja oleh kaum peremmpuan tetapi juga kaum lelaki dalam hal ini para ayah pekerja yang sering dan berhubungan langsung dengan orang banyak saat menjalani tugas di luar daerah,” demikian tutupnya. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *