Aceh Siapkan 4.101 Armada Angkutan, Saat Mudik Lebaran

AcehNews.net|BANDA ACEH – Dinas Perhubungan Komunikasi, Informasi dan Telematika (Dishubkomintel) Provinsi Aceh menyiapkan sebanyak 4.101 armada angkutan darat, serta 43 candangan armada dengan 1.250 seat. Hal ini guna mengantisipasi lonjakan arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.

“Kami telah menyiapkan 4.101 angkutan darat dengan kapasitas 73.773 seat, yang siap untuk mengangkut penumpang yang akan melakukan mudik pada lebaran nanti,” ujar Kepala Dishubkomintel Aceh, Hasanuddin, dua hari lalu, 15 Juni 2016, di Banda Aceh.

Selain angkutan darat, kata Hasanuddin, pihaknya juga telah menyiapkan angkutan udara dan angkutan penyebrangan. Rincinya, penerbangan domestik 7 kali dalam 1 hari, penerbangan perintis 12 kali per minggu, dan penerbangan internasional 4 kali per minggu. Sementara untuk angkutan penyebarangan ada tiga unit kapal yang siap melayani warga untuk mudik.

Lebih lanjut, Hasanuddin menambahkan, Dishubkomintel Aceh bersama Dirlantas Polda Aceh juga sudah melakukan investigasi terkait dengan titik-titik rawan, baik rawan kemacetan, rawan kecelakaan bahkan rawan bencana di seluruh wilayah Aceh.

”Pada saat rapat bersama, kami menyoroti penempatan posko-posko lebaran serta pemberitahuan kepada masyarakat terkait telah selesainya pembangunan sejumlah jalur alternatif,” paparnya.

Selain itu, katanya, Dishub kabupaten/kota meminta tahun ini agar dilakukan penambahan pos-pos lebaran untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu terkait dengan titik-titik rawan, Dishubkomintel Aceh akan berkoordinasi dengan dinas terkait, agar rambu-rambu lalulintas yang telah banyak hilang karena dicuri atau rusak, agar segera diganti. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *