Lapas Kuala Simpang Rusuh, Sejumlah Napi Luka-Luka  

Acehnews.net|KUALA SIMPANG –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat (01/04/2016) rusuh. Akibat kerusuhan tersebut sejumlah nara pidana mengalami luka-luka dan ruangan kantor rusak.

Dari amatan AcehNews.net di lokasi kerusuhan, suasana Lapas Kelas IIB tersebut masih mencekam dan sejumlah pihak keamanan yang ditempakan di Lapas Kuala Simpang masih terlihat berjaga-jaga.

Polres Aceh Tamiang mensiagakan sedikitnya tiga peleton petugasnya di Lapat tersebut, dibantu satu peleton pihak keamanan dari TNI Batalyon Raider 111 Karma Bakti .

“Kerusuhan terjadi sekira pukul 9.00 WIB, sejumlah ruangan rusak. Semua jendela kaca pecah, bahkan beberapa ruangan terbakar dan tidak bisa digunakan lagi. Termasuk ruang kerja kepala lapas dan ruang dinas lainnya di gedung lapas,” jelas Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Yoga Prasetyo.

Lanjutnya, akibat kerusuhan itu, sejumlah napi mengalami luka. Seorang napi atas kasus narkoba berinisial DN, yang dihukum 8tahun penjara, sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

“DN mengalami pendarahan di bagian kuping dan kepala. Wajahnya juga mengalami lembam,” jelasnya lagi.

Napi yang mengalami luka berat dalam kerusuhan tersebut, ada dua orang. Satu DN yang masih di rawat di RSUD Aceh Tamiang dan satu lagi  diamankan polisi kerena diduga provokator dalam aksi kerusahan di Lapas tersebut.

Sementara itu, penyebab kerusuhan, Kapolres Aceh Tamiang mengatakan, dugaan sementara dipicu akibat kebijakan Kalapas yang menyebabkan Napi di Lapas tersebut kesal.

“Sejauh ini kami belum mengetahui dengan pasti pasca kerusuhan apa ada Napi yang kabur, karena saat ini kondisi belum kondusif dan pihak keamanan masih disiagakan,” demikian kata Kapolres Aceh Tamiang kepada AcehNews.net di Lapas yang suasananya masih mencekam. (viona)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *