Kawanan Gajah Liar di Aceh Timur Digiring Menggunakan Gajah Jinak

BANDA ACEH |AcehNews. Net – Saat ini, tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe sedang melakukan penggiringan terhadap kawanan gajah liar yang berkeliaran di kawasan Aceh Timur, tepatnya di Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak.

Hal ini dikatakan Kasi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe, Kamarudzman saat dikonfirmasi AcehNews. Net Selasa kemarin (19/11/2019).

“Terkait yang di Aceh Timur, hari ini tim melakukan penggiringan kembali ke hutan,” ujarnya melalui telepon seluler.

Penggiringan gajah liar ini dilakukan dengan mengerahkan beberapa ekor gajah jinak dari CRU Saree, Aceh Besar dan CRU setempat. Informasi yang diterima, kawanan gajah liar di Aceh Timur terbagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok gajah liar berjumlah enam ekor dan satu kelompok lain berjumlah 20 ekor.

“Ada dua kelompok gajah liar yang di Aceh Timur, satu kelompok 6 ekor dan satu lagi 20 ekor, masih dalam Kecamatan Rantau Peureulak, Aceh Timur. Kawanan gajah 6 ekor ini diketahui telah merusak sebagian kebun jagung masyarakat,” k
jelasnya.

Saat ini, lanjut Kamarudzaman, tim sedang melakukan penggiringan terhadap kelompok gajah liar yang berjumlah enam ekor dan nantinya akan melanjutkan penggiringan terhadap kelompok gajah berjumlah 20 ekor.

“Sementara yang di Pidie, hari ini teman-teman ke lapangan untuk melakukan grouncheck dan analisis penanganan. Untuk kawanan gajah di Pidie kita belum mengetahui secara akurat berapa ekor jumlahnya karena masih menunggu informasi dari lapangan,” jelasnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak merambah hutan atau membuka lahan perkebunan dan sebagainya di kawasan hidup gajah liar agar tidak terjadi konflik antara gajah dan manusia. Diakui, saat ini memang konflik antara gajah dan manusia meningkat.

“Jadi kita imbau masyarakat agar bersama-sama menjaga habitat gajah dengan tidak merambah hutan yang dapat mengganggu kehidupan gajah liar ini sehingga turun ke kawasan pemukiman masyarakat dan terjadi konflik,” ujar Kamarudzman

Sebelumnya diberitakan, kawanan gajah liar berkeliaran dan kerap melintas di kawasan Linggong Panyang, Kecamatan Keumala, Pidie. Senin lalu (18/11/2019), terpantau ada tiga ekor gajah liar berkeliaran di kawasan itu. 

Menurut informasi yang diterima dari masyarakat setempat, dari tiga ekor gajah, ada seekor gajah jantan dewasa yang kabarnya sering mengamuk. Diperkirakan kawanan gajah itu juga belum bergeser ke wilayah lain. 

Informasi lainnya yang diperoleh, kawanan gajah berkeliaran juga terjadi di Aceh Timur tepatnya di kawasan Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak, Aceh Timur. (Hafiz)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *