Hadapi New Normal, Polisi dan Brimob di Merauke Dibekali 13 Protokol Kesehatan

MERAUKE | AcehNews.net – Sebanyak 250 anggota Kepolisian Resor (Polres) Merauke dan Batalyon Brimob Merauke diberikan sosialisasi New Normal oleh Kapolres Merauke, AKBP Ary Purwanto, SIK didampingi Wakapolres Merauke, Kompol YS Kadang dan Kabag Ops di Lapangan apel Mapolres Merauke, Papua, Kamis (28/5/2020) atau sekitar pukul 08.00 WIT.

Kapolres Merauke dalam sambutannya menuturkan, New Normal merupakan perintah langsung Presiden RI, Joko widodo kepada seluruh masyarakat menuju tatanan normal baru untuk masyarakat yang produktif aman Covid-19. Sosialisasi New Normal dilaksanakan sesuai hasil video conference bersama Kabaharkam Polri.

“Masyarakat dan aparat keamanan harus dapat melaksanakan protokol Kesehatan dan pedomani pola hidup sehat,” ucapnya.

Orang nomor satu di jajaran Polres Merauke ini mengarahkan Kabag Ops segera berkoordinasi dengan TNI, Satpol, dan Tim Covid Pemda untuk segera membuat surat perintah guna mendisiplinkan masyarakat sesuai maklumat Kapolri terutama pada tempat tempat keramaian.

Selain itu, Kasat dan Kapolsek diimbau melakukan sosialisasikan kepada seluruh anggota terkait penerapan New Normal.

Saat dikonfirmasi AcehNews.net terkait mulai kapan pemberlakukan New Normal di Merauke, Kapolres katakan, akan diumumkan oleh Bupati Merauke.

Selanjutnya, Wakapolres Merauke, Kompol YS Kadang membacakan dengan rinci 13 protokol kesehatan untuk aparat keamanan diantaranya pastikan aparat dalam kondisi sehat sebelum bertugas dilapangan, gunakan seragam berlengan panjang saat bertugas, wajib menggunakan masker.

Face shield dan sarung tangan, selalu cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, hindari tangan menyentuh area wajah, tetap memperhatikan physical distancing, setelah kontak fisik dengan masyarakat segera cuci tangan, tetapkan waktu kerja 8 jam atau 12 jam dalam sehari.

“Lakukan medical check up, saat pulang bertugas segera bersihkan diri dan ganti pakaian, tingkatkan daya tahan tubuh dengan makan vitamin dan olahraga, bersihkan kendaraan secara berkala dengan disinfektan, lakukan pemantauan setiap aparat yang tidak masuk karena sakit guna mengetahui keterkaitannya dengan kriteria covid-19,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Kabag Ops Polres Merauke berharap anggota semua dapat memahami pelaksanaan New Normal. Jika sebelumnya tidak terbisa menggunakan masker, sekarang diera baru ini wajib menggunakan masker.

“Dulunya kita dapat bersalaman dengan semua orang diera normal baru ini kita cukup salam saja,” tegasnya seraya menambahkan, anggota polisi dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *