Fenomena Tanah Bergerak Muncul di Perumahan Elit Kemang Pratama Bekasi

BEKASI | AcehNews.net – Fenomena tanah bergerak diduga terjadi di Perumahan Kemang Pratama, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Akibat fenomena itu, tanah sepanjang 100 meter di Jalan Ekspres Raya yang berada di bantaran Kali Bekasi ambles dengan kedalaman hingga dua meter dengan lebar satu meter.

Wakil Satgas pada BPBD Kota Bekasi, Karsono mengatakan, tanah ambles tersebut merupakan titik baru. Padahal, di sampingnya yang sempat amblas pada awal 2018 kini sedang dalam perbaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Info penyebabnya sedang dicari,” ujar Karsono di Bekasi, Rabu, 2 Januari 2018.

Warga setempat, Haeri Parani menuturkan tanah ambles diketahui pada Selasa malam sekitar pukul 19.00 WIB. Ketika itu, ada warga yang melintas dan melihat tanggul posisinya sudah bergeser ke sungai.

Pergeseran itu membuat celah antara tanggul dengan pembatas jalan. “Kami langsung memberikan peringatan agar warga tak mendekat,” ujar Haeri.

Menurut dia, peristiwa ini masih terhubung dengan tanah ambles yang tengah diperbaiki oleh pemerintah pusat. Bahkan, sebagian tanah yang ambles berdampak pada titik yang sedang diperbaiki. “Bisa jadi akibat pergerakan tanah,” ujar dia.

Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan tanggul rusak di bantaran Kali Bekasi yang amblas akan segera diperbaiki. Menurut dia, perbaikan bisa dilakukan secara darurat lebih dulu agar kerusakan tidak sampai meluas. “Langsung ditangani hari ini,” ujar Tri.

Mengantisipasi fenomena tanah bergerak ini, Pemkot Bekasi akan memeriksa sejumlah titik yang rawan longsor di sepanjang bantaran Kali Bekasi. Hal itu dilakukan untuk mengidentifikasi lebih awal, supaya dapat dilakukan pencegahan. (Sumber: Tempo.co)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com