Dipertanyakan Soal Telatnya Penyaluran Beasiswa, Sekda Abdya: Awal Tahun 2021 akan Disalurkan

BLANGPIDIE | AcshNews. Net — Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Aceh Barat Daya (PC–IMM ABDYA) mempertanyakan tentang penyaluran beasiswa pemerintah daerah Kabupaten Aceh Barat Daya pada 2020 yang belum di salurkan hingga penghujung tahun ini.

Sekretaris Daerah Abdya, Thamrin, kepada AcehNews.net di ruang kerjanya, Senin (21/12/2020) di Blangpidie, menanggapi hal tersebut, mengatakan, penyaluran beasiswa akan dilaksanakan di awal tahun 2021.

“Insya Allah, Pemerintah Daerah tetap berkomitmen menyalurkan beasiswa di Awal tahun 2021,” ujar Thamrin.

Thamrin menjelaskan pemerintah tidak punya niat untuk sengaja memperlambat penyaluran beasiswa akan tetapi ada faktor yang menyebabkan penyaluran tidak tepat waktu.

“Semua berkas beasiswa sudah masuk dan saat ini sedang diverifikasi, yang sulit dan terkendala adalah verifikasi faktual penerima beasiswa miskin,” jelasnya.

Lanjutnya, sedangkan verifikasi penerima beasiswa prestasi hanya berhubungan dengan berkas, sedangkan untuk beasiswa miskin harus secara faktual.

“Karena sistem yang berlaku di pemerintah saat ini adalah sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD yang menyatakan harus valid dan akurat,” terang Thamrin.

Sehingga dengan SIPD itu, pemerintah boleh menyalurkan beasiswa awal tahun 2021.

“Artinya tahun 2020 diverifikasi berkas boleh disalurkan awal 2021 dengan catatan data harus akurat dan masuk Dokumen Pelaksanaan Anggaran atau DPA, hal ini bisa dilakukan apabila tidak berubah aturan,” demikikian tandasnya.
(Nita Juniarti)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *