Dewan Minta Pemerintah Aceh Gagas Gampong Sehat Bagi Ibu Hamil

 

AcehNews.net|BANDA ACEH – Ketua Fraksi Gerindra-PKS di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meminta agar Pemerintah Aceh menggagas Gampong (desa) sehat  bagi ibu hamil. Gampong ini nantinya sebagai miniatur klinik yang mampu meningkatkan kualitas dan fasilitas persalinan dan akses pembinaan pelayanan kesehatan ibu.

“Kami hanya menyarankan ke Pemerintah Aceh karena pelayanan persalinan bagi ibu hamil selama ini masih minim di Aceh,”ungkap Ketua Fraksi Gerindra-PKS DPR Aceh, Abdurrahman Ahmad, Selasa (02/02/2016) kepada AcehNews.net di Banda Aceh.

Abdurrahman mengakui tidak semuanya kabupaten/kota pelayanan persalinan minim, ada beberapa daerah di Aceh pelayanan medisnya sudah lumayan bagus.

“Persentase prevalensi gizi buruk pada balita di Aceh mencapai 26,3 persen, tertinggi di Pulau Sumatera, sedangkan angka kematian balita di Aceh mencapai 54 persen yang juta terbesar di sumatera dan di atas rata-rata nasional yang hanya 43 persen,”sebutnya.

Ketua Komisi IV DPRA ini mengatakan, Indek Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Aceh masih bermasalah. Untuk itu dia menyarankan agar Pemerintah Aceh dapat segera menggagas gampong sehat bagi ibu hamil dalam upaya meningkatkan pelayanan dan pembinaan pelayanan kesehatan secara maksimal.

Abdurrahman mengatakan, anggaran sektor kesehatan sangat tinggi selalu di atas standar nasional yakni 10 persen dari pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) atau mencapai sekitar Rp1,3 triliun, dengan anggaran sebesar itu ia berharap Pemerintah Aceh terus mendukung dan meningkatkan program yang berkaitan dengan pengurangan jumlah gizi buruk, kematian balita dan ibu hamil di Aceh. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *