Covid-19, Nagan Raya dan Subulussalam Bertahan di Zona Kuning

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Sebanyak 21 daerah kabupaten/kota di Provinsi Aceh dinyatakan sebagai zona oranye Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di kecuali Nagan Raya dan Subulussalam.

Zona kuning dalam klasifikasi risiko merupakan zona risiko rendah peningkatan kasus Covid-19. Sedangkan zona oranye, zona risiko sedang peningkatan kasus terinfeksi virus corona.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, secara tertulis kepada AcehNews. Net, Rabu (2/6/2021), di Banda Aceh.

“Pada minggu lalu, Aceh memiliki enam daerah zona kuning, tapi kini hanya tinggal dua kabupaten dan kota,” tuturnya.

Juru Bicara yang akrab disapa SAG itu menjelaskan, hasil analisis Peta Zonasi Risiko Peningkatan Kasus Covid-19 oleh Satgas Nasional minggu lalu, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Simeulue, dan Kota Subulussalam, masih zona kuning.

Akan tetapi, pada hasil analisis terakhir (data periode 24 Mei – 30 Mei 2021) oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, lima kabupaten itu gugur dari zona kuning dan kembali menjadi zona oranye. Hanya Kota Subulussalam yang tetap bertahan di zona kuning.

Sedangkan Kabupaten Nagan Raya, yang pada minggu lalu menyandang status zona oranye, kini berhasil naik peringkat menjadi zona kuning.

“Baik zona kuning maupun zona oranye bukanlah zona aman bagi penyebaran virus corona, transmisi lokal masih sangat mungkin terjadi. Karena itu, semua elemen perlu bekerja lebih keras agar segera naik kelas menjadi zona hijau, zona yang relatif aman dari lonjakan kasus Covid-19,” pesan SAG.

Ia juga mengatakan, peta jalan menuju zona hijau melalui upaya-upaya pengurangan kasus positif baru,  meningkatkan angka kesembuhan, dan menekan jumlah korban meninggal dunia.

“Protokol kesehatan, protokol perawatan pasien di rumah sakit rujukan, dan protokol isolasi mandiri, harus terus ditingkatkan secara simultan di setiap kabupaten/kota,” pesannya lagi.

Menurut SAG, berjuang melawan virus corona harus simultan, berkolaborasi, dan melalui gerakan bersama, supaya pandemi Covid-19 ini cepat berakhir di Aceh dan Indonesia.

Secara akumulatif kasus Covid-19 di Aceh, per  2 Juni 2021, telah mencapai 15.420 kasus/orang. Para penyintas, yang sudah sembuh dari Covid-19, sebanyak  11.891 orang. Penderita yang sedang dirawat 2.750 orang, dan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 599 orang. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *