BPKP Ingatkan Rasionalisasi Anggaran Penanganan Covid-19 Guna Pemulihan Ekonomi di Merauke

MERAUKE | AcehNews.net – Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke untuk melakukan rasionalisasi fokus penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di daerah.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Yan Setiadi kepada wartawan di kantor bupati Merauke, Jum’at (27/11/2020). Dikatakan, masa pandemi Covid-19 belum diketahui hingga kapan berakhir. Tahun 2021 juga merupakan tahun sulit karena anggaran negara semakin terbatas.

“Atensi khusus bagi Pemda, pesan kami dari BPKP, lakukan rasionalisasi anggaran secara baik untuk penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di daerah agar masyarakat yang terdampak betul-betul terhindar dari jurang kemiskinan,” ungkapnya.

Diakuinya, tahun ini aparat penegak hukum sedikit mengerem pemeriksaan dan lain-lain karena situasi pandemi virus Corona. namun tahun depan bisa saja kasus Covid menurun sehingga aparat penegak hukum mulai ketat melaksanakan tugasnya. Bahkan, tahun ini BPK juga sedang melakukan pemeriksaan secara internal.

Selain penanganan Covid-19, setiap pemkab harus memfokuskan pemanfaatan anggaran dibidang sekonomi dan sosial, jangan melakukan hal-hal lain di luar itu. Sejalan dengan program BPKP Provinsi Papua melakukan pengawalan atas program pemerintah di bidang pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19 yang mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

“Saya tidak menakut-nakuti tapi Saya juga takut. Kita selalu hati-hati, waspada dalam bertugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) supaya kita aman, tidak tersangkut kasus,” demikian pesan Yan Setiadi. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *