BMKG Ingatkan Warga Agar Waspada Petir

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, memprakirakan hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang disertai petir dan angin kencang diprakirakan dapat terjadi di wilayah Aceh bagian Barat-Selatan hingga Simeulue, pada 08 hingga 09 April 2016.

Dari analisa dinamika atmosfer, angin permukaan ketinggian sampai 3000 feet umumnya bertiup dari arah Timur hingga Utara dengan kecepatan 08 hingga 30 Km/jam.  Sedangkan cuaca umumnya berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang.

“Masyarkat diminta waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Aceh bagian Barat hingga Selatan dan Pulau Simeulue,” kata prakirawan Jaya Martuah Sinaga S.Si kepada AcehNews.net Kamis (07/04/2016) di Blang Bintang, Aceh Besar.

BMKG Aceh melalui Citra Satelit mendapati sejumlah kota di Aceh yang dilanda hujan dengan intensitas sedang yaitu Tapaktuan, Kutacane, Meulaboh, Sinabang, Blang Kejeren, Calang, Suka Makmue, dan Subulussalam. Sedangkan Sabang dan Banda Aceh diprakirakan hujan turun dengan intensitas ringan.

“Jika terjadi petir/kilat, masyarakat sebaiknya menghindar aktivitas di tempat terbuka, lebih baik berlindung di dalam mobil atau gedung, jangan berenang saat hujan, dan jangan berdiri dibawah pohon ketika hujan sebab kayu penghantar listrik yang baik,” kata Jaya kembali mengingatkan.

Kata Jaya, jika berada di dalam kapal sarannya lagi agar menjauh dari tiang layar, kemudian jangan berdiri secara gerombolan, lebih baik membuat jarak 5 meter, cabut stok kontak listrik saat di rumah, jauhi telepon, juga bath tub, dan shower. Karena jika tidak akan mudah tersambar petir.

Selain dilanda hujan lebat hingga sedang yang disertai petir/kilat dan angin kencang, dua hari kedepan, BMKG Aceh memprakirakan, ketinggian gelombang laut di perairan Banda Aceh dan Sabang dari 0,25 hingga 1,0 meter dan  perairan Barat-Selatan Aceh ketinggiannya dari 1,0 hingga 2,0 meter.  (saniah ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *