BKSDA Aceh Terima Anak Orangutan Sumatera di Aceh Timur

BANDA ACEH | AcehNews.net – Jelang Hari Bakti Rimbawan ke-35, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menerima penyerahan anak Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dari seorang warga Gampong Penaroun Lama, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, warga yang tidak ingin disebutkan identitasnya ini menyerahkan orangutan tersebut melalui personel Forum Konservasi Leuser (FKL), Kamis malam (15/3/2018) lalu .

“Selanjutnya personel FKL mengontak petugas BKSDA Aceh Resort Langsa serta Orangutan Information Center (OIC) setelah menerima informasi itu,” ujarnya Sabtu  (17/03/2018), di Banda Aceh.

Pada Jumat kemarin (16/03/2018), tepatnya pada Hari Bakti Rimbawan kez-35, anak orangutan ini dievakuasi ke kantor Resort Langsa. Anak orangutan Sumatera ini diketahui berjenis kelamin jantan dan berumur sekitar 2 tahun.

“Anak orangutan ini dalam kondisi malnutrisi, cacingan serta terdapat luka di lengan kiri. Selanjutnya akan dikirim ke Pusat Rehabilitasi Orangutan Sumatera di Batumbelin, Sibolangit,  Sumatera Utara, untuk perawatan lebih lanjut serta direhabilitasi,” demikian terang Sapto.  (hafiz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *