9 Desember 2020 Pilkada Serentak, Tunjukkan Jarimu, Nikmati Kopi Robusta Secangkir Rp9 Ribu di RKD Merauke

MERAUKE | AcehNews.net – Bersamaan dengan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati/walikota serentak seluruh Indonesia pada Rabu besok, 9 Desember 2020, Rumah Kopi D’Waroeng (RKD) Merauke akan melaunching kopi robusta asal petani lokal di Kampung Seed Agung, Distrik Muting, Merauke, Papua.

Owner RKD, Jasman Tristanto yang juga babhinkamtibmas Polsek Muting menuturkan, RKD mencoba membantu pasaran petani kopi lokal Merauke dengan mengangkat komoditas kopi robusta Muting yang memiliki aroma kas tak kalah dengan kopi-kopi dari luar.

“Kami ada promo saat launching pada 9 Desember. Tadinya harga secangkir kopi Rp20 ribu menjadi Rp9 ribu untuk semua varian. Supaya masyarakat tidak golput, tunjukkan jarimu dapat menikmati kopi robusta muting harga spesial diskon 75 persen,” ucapnya kepada wartawan sembari menunjukkan biji kopi robusta muting disela-sela kesibukannya, Sabtu (5/12/2020).

Didampingi manager RKD, Ebby Lessyl, pria murah senyum ini menceritakan awal pertemuannya dengan petani kopi lokal. Ketika jajaran Polsek Muting melakukan sambang kampung mendapat keluhan petani kopi yang kesulitan memasarkan hasil sejak 1995 menanam kopi.

Kurang lebih 21 tahun, hasil panen komoditas kopi tidak ada yang membeli sehingga menjadi kekecewaan bagi petani. Oleh karenanya, Polsek Muting bekerjasama dengan RKD memberi jalan kepada petani kopi untuk pemasarannya.
Petani lokal juga diberi pelatihan oleh babhinkamtibmas dalam mengolah biji kopi pasca panen. Bahkan, RKD akan memberikan bantuan perangsang akar tanaman kopi sehingga jangka waktu dua tahun sudah bisa berbuah. Petani kopi pun menyambut baik dan bertekad kembali membudidayakan tanaman kopi. Dengan menyiapkan lahan sekitar 20 hektare dan sudah ada bibit persemaian sebanyak 5 ribu pohon.

“RKD sudah membeli biji kopi robusta muting sekitar 150 kilogram dan sudah dipakai 30 kilogram selama dua minggu ini. Terbukti pelanggan tidak komplain, yang sudah review mengatakan tidak ada perbedaan dengan biji kopi sebelumnya yang RKD pasok dari Toraja,” beber Jasman.

Diakuinya, racikan kopi Vietnam drip dan mix avocado coffee yang paling banyak diminati pelanggan RKD. Namun harga spesial promo bertepatan Pilkada itu berlaku untuk semua varian kopi baik black cpffee, moccacino, cappuccino, americano, espresso, coffee milk, kopi masa kini, dan lain-lain.

“Besar harapan kami, kopi robusta muting bisa diterima masyarakat Merauke dan seluruh rakyat di Indonesia. Mari kita memajukan petani kopi lokal demi menyejahterakan ekonomi mereka yang sudah menanti selama 21 tahun. Kami juga membantu memasarkan biji kopi harga Rp125 ribu per kilogram. Ada permintaan kemasan kecil yang sudah digiling namun kami masih menunggu izin edar BPOM,” demikian tandas Jasman. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *