8 Fakta Telang, Si Ungu Kaya Manfaat

AcehNews. Net – Semenjak pandemi, banyak sekali tanaman asal Indonesia menjadi hits untuk kekebalan tubuh, menyehatkan dan lainnya, salah satunya adalah telang. Telang ini ternyata memiliki beberapa fakta tersembunyi, apa saja? Yuk kita cek:

1.Telang berasal dari Maluku
Clitoria Ternatea atau bunga telang, dilihat dari nama latinnya, mengacu pada Pulau Ternate, Indonesia yang oleh Ahli Botani Carl Linnaeus dianggap sebagai wilayah asli tanaman ini berasal.

2. Punya banyak nama
Selain nama latinnya Clitoria Ternatea. Bunga ini punya banyak nama. Di Indonesia bunga ini dikenal dengan nama Telang, di luar negeri dikenal dengan nama Butterfly Pea sebab bentuknya seperti kupu-kupu.

3. Digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India
Bunga telang adalah satu dari empat tumbuhan yang secara tradisional digunakan sebagai Shanka Pushpi, pengobatan Ayurveda untuk meningkatkan kesehatan saraf atau penguat memori yang ampuh bekerja secara aktif untuk meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak.

4. Tersebar di beberapa negara
Kini, selain di Indonesia, diketahui tanaman ini tumbuh bagus di khatulistiwa Asia, termasuk Asia Selatan, serta Asia Tenggara. Bunga ini berkembang di Afrika, Amerika, serta Australia.

5. Kaya manfaat
Bunga telang mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, manfaat lain yang ada pada bunga ini antara lain :
– Pereda batuk serta sakit kepala
– Pereda cemas serta stres
– Meningkatkan kesehatan otak
– Mengobati asma secara alami
– Bisa untuk detoks tubuh kita
– Obat alami untuk diabetes
– Bagus untuk sistem pencernaan
– Pengobatan untuk sakit kepala

6. Tumbuh cepat dan segera mati
Telang merupakan tanaman yang berusia pendek, tumbuh dengan cepat, merambat abadi, tumbuhan pengacak ataupun trailing leguminus yang bisa tumbuh setinggi sekitar 2,5 meter.

7. Mudah beradabtasi
Bunga telang umumnya mekar di awal musim semi, awal/akhir musim panas, ataupun awal musim gugur. Bunga telang mekar di pagi hari dalam posisi terbalik serta tak mengeluarkan aroma ataupun rasa. Tanaman ini paling baik beradaptasi dengan lokasi yang terkena curah hujan musim panas tahunan sekitar 12 inci hingga 30 cm.

8. Bisa jadi pewarna alami
Warnanya yang indah kerap dimanfaatkan untuk dioleh sebagai pewarna makanan alami dan menyehatkan.

Nah, demikian. Sudah siap menanam telang di rumah? (Nita J/dari berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *