TPA Gampong Jawa Hasilkan Gas  Mentan,
60 Rumah Akan Terima Gas Gratis

AcehNews.Net|BANDA ACEH-Sebanyak 60 rumah di Lorong lima Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh akan menikmati gas metan gratis yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa Banda Aceh. Hal demikian disampaikan Kabid Persampahan Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3) Banda Aceh, Mirzayanto, Kamis (8/10/2015).

Mirzayanto menyebutkan saat ini gas metan yang berasal dari gunungan sampah telah dinikmati oleh lima rumah disekitar TPA yang merupakan pekerja di TPA tersebut. Sedangkan untuk 60 rumah lainnya yang terdapat di Gampong Jawa (desa dimana TPA berada) saat ini sedang dibangun intalasi penyalurannya dan akan selesai pada tahun ini.

Dia menyebutkan pemberian gas secara cuma-cuma tersebut juga sebagai kompensasi bagi warga di sekitar TPA yang selama ini mencium bau-bau sampah.

“Sudah kita manfaatkan untuk memasak dan penerangan, kita sudah lama memantau potensi gas di TPA tapi baru tahun inikita pasang jaringan pipa pengumpul gas, kita target 60 rumah di Gampong Jawa bisa langsung memakai gas dari kita untuk memasak,”jelasnya.

Mirzayanto menyebutkan selain gas, TPA Gampong Jawa juga menghasilkan energi listrik sebesar 40 ribu Watt yang berasal dari gas yang digunakan untuk menghidupi genset, jika memungkinkan, energi listrik itu juga akan disuplai kepada warga sekitar yang sebagiannya bekerja sebagai pemulung sampah di TPA tersebut.

.Mirzayanto menjelaskan gas metan itu berasal dari Pengolahan Lumpur Tinja (PLT) dan tumpukan sampah yang menurutnya akan cukup hingga 25 tahun kedepan. (zoel m)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *