403 Tenaga Honorer di Aceh Tengah Diangkat PNS

AcehNews.net|TAKENGON – Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara pada Rabu, (10/02/2016) melantik 403 CPNS di lingkungan pemerintah setempat menjadi PNS lewat sebuah prosesi seremonial di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon.

Sebanyak 403 PNS tersebut terdiri dari tenaga administrasi, pendidikan, kesehatan, dan serta dokter formasi khusus yang telah lebih dahulu mencatatkan diri sebagai tenaga honorer atau bakti di sejumlah instansi pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Dengan beralihnya status mereka dari CPNS menjadi PNS, Khairul Asmara berharap, agar pegawai yang baru tersebut dapat menanamkan tekad untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas.

“Termasuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, wawasan, dan tanggung jawab sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, juga tugas lain yang dipercayakan pimpinan di kantor,”kata Khairul Asmara mengawali arahannya.

Lanjut Wakil Bupati Aceh Tengah,  tidak kalah penting adalah kesadaran untuk menjaga serta menegakkan nilai-nilai dalam menjalankan tugas, seperti loyalitas, disiplin, jujur, tekun dan senantiasa termotivasi.

Terkait adanya sejumlah PNS yang minta pindah ke kota setelah mendapatkan kenaikan status menjadi PNS, Khairul meminta agar PNS tetap loyal dan disiplin dalam menjalankan tugas.

“Sekali lagi kami ingatkan, loyalitas dan dedikasi saudara sangat dibutuhkan dalam membangun daerah, sehingga tidak ada alasan untuk minta pindah, terutama bagi PNS yang bertugas di tempat yang agak jauh dari kota,” tegas Khairul Asmara.

Menutup pesannya kepada 403 CPNS yang telah dilantik menjadi PNS di jajarannya, Khairul  Asmara meminta agar aparatur negara senantiasa dapat menjaga diri dan nama baik pemerintah daerah di manapun ditempatkan.

“Kami tidak ingin mendengar ada PNS yang terlibat berbagai kasus kejahatan, mulai dari KDRT hingga Narkoba,”tegasnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut Khairul Asmara  secara simbolis menyerahkan SK kepada sejumlah PNS usai mengambil sumpah di hadapan sejumlah saksi.

Usai mengikuti prosesi pelantikan yang dihadiri oleh Wabup Khairul Asmara, dua CPNS yang baru dilantik mengungkapkan uneg-unegnya. Kedua CPNS yang telah diangkat menjadi PNS ini sebelumnya telah bekerja belasan tahun sebagai tenaga honorer.

“Saya sudah 17 tahun mengabdi di SMPN 5 Takengon, berkali-kali ikut test CPNS namun tidak pernah lulus. Alhamdulillah hari ini saya pantas bersyukur atas nikmat Allah,”kata Nurhayati (54) sambil berlinang air mata.

Senada dengan Nurhayati, salah seorang terlantik lainnya, Mahmud Desri (48) juga mengaku terharu atas pelantikan dirinya sebagai PNS.

“Setelah tsunami 2004, saya mulai bertugas sebagai tenaga honorer, Alhamdulillah saat ini pengabdian saya tidak sia-sia,”ucapnya bahagia.

Dengan dilantiknya 403 PNS yang baru, jumlah PNS di Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menjadi sebanyak 6.700 orang. PNS ini tersebar di SKPK dan unit-unit pelayanan di 14 kecamatan. (emka/mark)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *