Warga Aceh Timur Serahkan Orangutan 

BANDA ACEH |AcehNews. Net – Personel Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe Resor Wilayah 12 Langsa bersama Tim Orangutan Information Center (OIC) didampingi anggota Sub Denpom IM/1-2 Langsa melakukan penyelamatan terhadap satu Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) yang diserahkan oleh seorang Warga Gampong Kabu, Kecamatan Peurlak, Aceh Timur, Selasa (27/8/2019).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe, Kamarudzaman mengatakan, Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) yang diserahkan berjenis kelamin betina dengan perkiraan usia lebih kurang lima tahun dengan kondisi sehat.

“Ini diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter hewan OIC. Menurut keterangan masyarakat yang menyerahkan, orangutan ini didapatkan di areal kebunnya saat dia sedang beraktifitas berladang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) selanjutnya akan dikarantina di Pusat Karantina-Rehabilitasi Orangutan Sumatera YEL SOCP Batu Mbelin Sibolangit, Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Perlu diketahui, Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) merupakan salah satu jenis satwa liar yang dilindungi dari Kelompok Mamalia Famili Hominidae berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang 

Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : 
P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Yang 
Dilindungi. 

Dalam katergori IUCN Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) berstatus kritis/critically endangered dengan penyebaran/distribusi meliputi Pulau Sumatera dengan Distribusi populasi terbesar mulai dari Aceh meliputi Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kota Subuluusalam. 

“Jumlah Orangutan Sumatera sendiri di alam liar untuk saat ini diperkirakan berjumlah lebih kurang 13.846 individu dengan luasan habitat lebih kurang 16.775 km2,” ungkapnya.

“Kami berharap apa yang telah dilakukan oleh Warga Gampong Kabu ini dapat diikuti oleh masyarakat lainnya demi keberlanjutan Keanekaragaman Hayati,” tambahnya. (Teks:Hafiz Photo:Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *