Simeulue Jadi Lokasi Khusus Pantau Gerhana Matahari Cincin

SINABANG | AcehNews.net – Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh dipilih pihak Kanwil Kemenag Aceh sebagai lokasi khusus untuk memantau fenomena gerhana matahari cincin tahun ini.

Bupati Simeulue, Erly Hasyim didampingi Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh, Wakapolres Simeulue, Kompol Raja Gunawan beserta stakeholder lain saat ditemui, hadir melihat langsung fenomena alam tersebut di halaman Masjid Baiturrahmah, Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Kamis (26/12/2019).

“Memang ini adalah sesuatu yang langka terjadi dan belum pernah terjadi dalam sejarah seumuran kita terkait dengan gerhana matahari ini,” kata Bupati Simeulue.

Dengan adanya penempatan khusus bagi Simeulue sebagai lokasi pemantauan gerhana ini, jelas Erly Hasyim, pihaknya bersyukur karena akan banyak orang yang datang ke Simeulue dalam rangka menyaksikan langsung fenomena ini.

“Banyaknya orang yang datang ke Simeulue menyaksikan secara langsung fenomena ini serta melihat kondisi Simeulue, dengan adanya momen ini akan muncul banyak gerakan untuk mensosialisasikan Simeulue yang berada di tengah lautan ini,” katanya lagi.

Kegiatan seperti ini, menurutnya, akan lebih memberikan nilai introspeksi masyarakat akan kebesaran Ilahi. Serta sebagai renungan, agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meningkatkan nilai keimanan.

“Selain fenomena gerhana ini, kita juga melaksanakan peringatan 15 tahun smong (gempa dan Tsunami Aceh). Simeulue kita sudah berikan informasi kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa melakukan refleksi akan musibah yang pernah terjadi,” ujar Bupati.

Simeulue, lanjutnya, merupakan daerah yang kerap dilanda gempa. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan yang lebih baik dalam meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT. (Hafiz)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com