Simeuleue dan Aceh Selatan Dilanda Hujan Petir  

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar mengeluarkan peringatan waspada bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Simeulue dan Aceh bagian Selatan karena pada 14 hingga 15 November 2014 diprakirakan akan terjadi hujan sedang yang disertai petir/kilat.

Prakirawan BMKG,  Jaya Martuah Sinaga kepada AcehNews.net Kamis (13/11) menjelaskan, sebagian wilayah Aceh berpotensi terjadinya hujan ringan hingga yang disertai petir/kilat. Sedangkan angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah Timur laut dengan kecepatan 06 hingga 30 Km/jam.

“Kami mengingatkan masyarakat Aceh khususnya yang tinggal di dua wilayah tersebut agar waspada kumunkinan dalam dua hari ini hujan akan turun dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai petir/kilat,” kata Jaya mengingatkan.

Di lihat di wilayah itu terjadinya penumpukan awan colombus untuk itu sarannya, agar menghindar berada di tempat terbuka, lebih baik berlindung di dalam mobil atau gedung. Kemudian disarankannya lagi jangan berenang saat hujan dan jangan berdiri dibawah pohon ketika hujan karena sulur-sulur pohon bisa menghantarkan listrik ke tumbuh

Bila berada di kapal, Jaya juga menyarankan agar menjauhi tiang layar, biar tak tersambar petir. Jangan berdiri gerombolan, buatlah jarak sekitar 5 meter. Jika di dalam rumah cabut stok kontak listrik, jauhi telepon, dan juga jauhi bath tub atau shower.

Dua hari ke depan, BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Aceh yang akan turun hujan dengan intensitas sedang yaitu Tapaktuan, Sinabang, dan Singkil. (saniah ls)

 

Ini tempat-tempat yang berisiko tersambar petir :

  1. Tempat yang beresiko tersambar petir adalah daerah perbukitan, lereng, daerah terpencil, dan daerah pedesaan. Di perkotaan, risiko terkena petir relatif kecil karena kepadatan penduduk di kawasan tersebut merata.
  2. Kolam renang.
  3. Petir juga bisa merambat melalui saluran kabel listrik dan telepon. Kabel telepon yang masuk ke pesawat telepon sebaiknya juga dicabut.
  4. Antena televisi juga bisa menjadi penghantar petir masuk ke rumah. Konstruksi bangunan yang terbuat dari beton bertulang sebenarnya sudah berfungsi sebagai alat penangkal petir. (sumber:http://pentingdiingat.blogspot.com/2009/04/tips-melindungi-diri-dari-sambaran.html).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *