Sekda Buka Lomba Sirah Nabawiyah

BANDA ACEH – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H, Remaja Masjid Agung Al-Makmur, Kota Banda Aceh mengadakan, serangkaian acara dan perlombaan bertajuk Sirah Nabawiyah 2015 “Rasulullah Teladan Generasi Muda”.

Acara yang digelar selama dua hari (28 Februari-1 Maret 2015) tersebut beragendakan penyerahan beasiswa yatim prestasi, lomba tahfiz quran, cerdas cerma,t dan lomba pidato. Tujuannya, untuk membiasakan remaja mencontoh kepribadian Rasulullah.

Sekda Kota Banda Aceh, Ir Bahagia Dipl SE yang membuka secara resmi acara mewakili Walikota Banda Aceh, Jumat (27/2/2015) malam di halaman Masjid Agung, mengapresiasi Pengurus Remaja Masjid Agung Al-Makmur yang telah mengadakan kegiatan Lomba Sirah Nabawiyah 2015.

“Sebagaimana kegiatan pada hari ini, yaitu Lomba Sirah Nabawiyah dalam rangka Maulid Nabi, maka penting sekali bagi kita sebagai ummat beliau, untuk mengetahui sejarah singkat perjalanan Nabi Muhammad SAW,” kata Sekda.

Sekda menerangkan, sirah nabawiyah adalah kumpulan kisah tentang Nabi Muhammad mulai beliau lahir sampai beliau meninggal. Termasuk mengenai kepribadiannya, dan peristiwa-peristiwa yang dialaminya, serta pelajaran apa yang bisa diambil darinya.

Menurutnya, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mempelajari Sirah Nabawiah di antaranya ialah: pertama,  memahami pribadi kenabian Rasulullah SAW melalui celah-celah kehidupan dan kondisi-kondisi yang pernah dihadapinya.  Kedua, agar manusia mendapatkan gambaran sosok ideal dan contoh mulia dalam seluruh aspek kehidupannya.

Ketiga, kata Sekda, agar manusia mendapatkan  memahami kitab Allah dan semangat tujuannya. “Keempat, agar seorang Muslim dapat mengumpulkan sekian banyak  pengetahuan Islam yang benar, baik menyangkut aqidah, syariah dan akhlak.

Turut hadir mengdampingi Sekda malam tadi antara lain Kepala DSI Mairul Hazami SE MSi, Kadisdikpora Syaridin SPd, MPd, Kepala Baitul Mal Tgk Syafwani Zainun SPdI, dan Kabag Keistimewaan Setdako Banda Aceh Zahrol Fajri SAg MH, serta masyarakat setempat. (zoel m)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *