Puting Beliung Terjang Dua Kabupaten di Aceh

PIDIE – Angin kencang yang melanda Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya menumbangkan pepohonan di kawasan itu. Bahkan, ada yang tumbang menimpa rumah warga.

Pantauan acehkita.com angin kencang melanda Desa Jijiem, Kecamatan Keumala, sekira pukul 13.10 WIB. Akibatnya, puluhan pohon tumbang dan patah. Malah ada yang menimpa kandang kambing, seperti terlihat di Dusun Toraja dan Desa Cot Nuran.

Angin kencang juga menyebabkan atap warung kopi Yusra di Desa Jijiem hancur. Angin kencang juga menyebabkan tumbangnya pepohonan di Kecamatan Sakti. Hal serupa juga terjadi di Desa Pupu, Kecamatan Ulim dan Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya.

“Di samping rumah saya pohon kepala tumbang menimpa kandang ayam,” kata Nurlaili, warga Desa Pupu, Kamis (23/4/2015).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, kecepatan angin di Pidie Jaya dan Pidie mencapai 22 kilometer per jam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Apriadi menyebutkan, angin puting beliung melanda hampir seluruh kecamatan di Pidie. “Hampir di semua kecamatan ada rumah rusak dan atap terangkat. Tapi kita belum memiliki datanya,” katanya.

BPBD memerintahkan camat untuk segera melakukan penanganan korban puting beliung. “Penanganannya dilakukan camat di lokasi kejadian. Nanti biayanya dilaporkan ke bupati. Karena kalau kita yang tangani tidak sanggup karena puting beliung ini menyeluruh di Pidie,” lanjut Apriadi. (acehkita)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com