Pengusaha Aceh Usul 2 Proyek di  JBC IMTGT 2014  

BANDA ACEH – Pada pertemuan hari pertama kegiatan joint business council (JBC) Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMTGT) 2014 yang diselenggarakan di Hermes Hotel, Banda Aceh pada 11-14 September 2014,  pengusaha Aceh mengusulkan dan  memberikan inisiatif-inisiatif baru terkait dua proyek, yaitu proyek konektivitas dan pariwisata, serta perdagangan dan investasi.

Inisiatif-inisiatif tersebut antara lain terkait, pembukaan rute pariwisata Langkawi-Krabi-Sabang, pengembangan konektivitas seperti penerbangan Phuket-Krabi-Sabang, Roro Ranong-Phuket-Sabang/Malahayati dan Roro Krueng Geukueh-Penang/Port Klang, dan serta, kerjasama di bidang investasi dan perdagangan seperti promosi produk essential oil Aceh.

Selain itu, dikemukakan pula inisiatif proyek dalam reformasi logistik melalui container-based IT survey dimana diharapkan proyek tersebut dapat mengurang biaya logistik pelabuhan yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pada sesi update proyek, JBC Malaysia mengangkat isu proyek IMT-GT Rubber Corridor yang diharapkan dapat menciptakan keuntungan bersama dan kesempatan bisnis baik bagi pihak swasta maupun perusahaan kecil lokal di masing-masing negara anggota.

Proyek tersebut akan mencakup pengembangan mulai dari pembibitan pohon karet hingga proses akhir produk karet. Guna mempercepat realisasi kerjasama, JBC Indonesia mengusulkan untuk mengadakan pertemuan khusus antara JBC dengan asosiasi pengusaha karet di masing-masing negara baik Indonesia, Malaysia maupun Thailand. (Agus)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com