Pengembangan Wisata di Aceh Jaya Terkendala Listrik dan Air Bersih

BANDA ACEH – Listrik dan air bersih penyebab kendala pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Jaya. Hal itu disampaikan Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman di Banda Aceh sehari lalu, Minggu (1/2/2015).

“Selama ini yang menjadi kendala sektor pariwisata di Aceh Jaya yakni belum adanya listrik, dan air bersih, tapi kedepan kami akan memenuhi hal tersebut. Karena sektor pariwisata menjadi serto unggulan kami untuk meningkatkan PAD,” kata Azhar kepada wartawan.

Lanjut dia, jika memungkinkan Pemkab Aceh Jaya akan memasang kabel listrik di bawah laut, dari pada mengunakan jenset, karena jarak antara darat dengan pulau tidak terlalu jauh hanya sekitar 1 mil.

“Tidak adanya listrik dan air bersih di Pulau Reusam menjadi kendala bagi para wisatawan berkunjung ke sini. Untuk itu kami sedang memikirkan bagaimana di pulau yang berjarak sekitar 1 mil ini dari daratan ini bisa dialiri listrik. Mungkin caranya dengan memasang kabel listrik bawah laut,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan terus berupaya pada pengembangan sektor pariwisata sebagai pendorong perekonomian masyarakat setempat. Karena sektor ini, kata dia mampu mendorong perekonomian daerah dan ekonomi masyarakat Aceh Jaya. Selain itu, kata Azhar lagi, sektor ini juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan juga mampu mendorong dinamika ekonomi kreatif masyarakat khususnya masyarakat lingkar wisata.

“Apalagi potensi sektor pariwisata yang dimiliki Aceh Jaya sangat besar untuk bisa dikembangkan. Salah satunya pariwisata Pulau Reusam yang semakin diminati oleh para wisatawan lokal maupun nasional,” sebut dia.

Oleh karena itu, di 2015 ini, Pemkab Aceh Jaya terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal, nasional maupun wisatawan mancanegara, dengan membagun  infrastruktur penunjang sektor pariwisata seperti tempat persingahan, WC umun, musholah, dan fasilitas penunjang lainnya.

Kata dia, jika ada investor yang ingin menanamkan modalnya di sektor pariwisata, Pemkab Aceh Jaya siap mendukung dan menfasilitasi dengan mempermudah perizinaan dan segala hal yang menyangkut adminitrasi. (agus)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com