Pembangunan Rel Kereta Api di Aceh Dilanjutkan Kembali

BANDA ACEH –  Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Telematika Aceh, Hasanuddin mengatakan, proyek pembagunan jalur rel kereta api yang sempat terhenti selama ini kembali dilanjutkan pembagunannya.

Sebut Hasanuddin kepada wartawa Rabu (8/4/2015) di Banda Aceh, pembagunan jalur rel kereta api yang sudah terselesaikan sekitar 11,3 kilometer di wilayah Aceh Utara dan direncanakan tahun ini akan dilanjutkan kembali.

“Tahap kedua ini, pembagunan jalur kereta trans Sumatera direncanakan pembagunannya sepanjang 508 kilometer. Sebelumnya pembangunan jalur rel kereta api sudah dibagun sepanjang 11,3 kilometer di kawasan Krueng Mane hingga Krueng Geukuh, Aceh Utara dan tahun ini direncanakan akan dibangun kembali,”jelasnya.

Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp422 miliar yang bersumber dari APBN, dengan total anggaran yang akan dihabiskan untuk proyek besar ini mencapai Rp2 triliun. Terkait dana tahap awal sebesar Rp422 miliar, sebutnya, akan digunakan untuk pembebasan lahan.

“Tahap pertama pemerintah akan melakukan pembebasan tanah dimulai dari Kuta Blang, Aceh Utara hingga Padang Tiji, Pidie. Panjang lintasan yang akan dibebaskan mencapai 91 kilometer dengan lebar sekitar 30 meter. Lintasan kereta api akan dibangun dalam dua jalur lintasan,” paparnya.

Hasanuddin menambahkan, jalur kereta api trans Sumatera yang akan dibangun berada jauh dari jalur jalan nasional. Jelasnya, lintasan kereta api ini akan mengambil jalur daerah sentra produksi pertanian dan perkebunan yang ada di bagian utara wilayah Aceh, mulai dari Seumadam, Aceh Tamiang hinga menuju Kota Banda Aceh. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *