Menapak Gua Sayeng Terbang di Aceh Jaya

AcehNews.Net- Di Desa Masen, Aceh Jaya, Provinsi Aceh, ternyata mempunyai keindahan yang tersembunyi. Gua Sayeng Terbang ini berada diantara hutan lebat, tepatnya di sebelah kiri jalan nasional.

Sebuah desa di Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, bernama Desa Masen, letaknya di penghabisan jalan. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari jalan nasional Banda Aceh-Aceh Jaya, atau lebih kurang sekitar 6 jam perjalanan dari Kota Banda Aceh dan satu jam dari Kota Calang, Ibukota Kabupaten Aceh Jaya.

Desa Masen dulunya terletak di Kecamatan Sampoiniet ini, meski sebuah desa yang sangat jauh dari jalan raya dan ibukota kabupaten, menurut Keuchik (kepala desa), Abdul Ghafar sering dikunjungi oleh Bupati Aceh Jaya. Desa Masen, memiliki sawah tadah hujan dan hutan belantara namun jangan risau jalan menuju ke sana mulus sekali tidak kalah dengan jalan nasional.

Sepuluh menit sebelum mencapai desa, diantara hutan lebat terdapat sebuah gua yang tersembunyi. Gua ini terletak di sebelah kiri jalan namun keliatannya hanya menipu, butuh waktu sepuluh menit untuk mencapai gua itu dengan memanjat tebing ekstrim dan perlu ekstra hati-hati. Sebab jalan ke Gua Sayeng Terbang, penuh berbagai rintangan, karena jalanan hanya jalan tikus dan harus memanjat satu tebing menanjak untuk sampai ke gua.

Gua Sayeng Terbang.|Nita Juniarti

Gua Sayeng Terbang.|Nita Juniarti

Gua Sayeng Terbang, begitulah namanya, merupakan gua yang dikelilingi hutan lebat, meski belum menjadi objek wisata daerah karena jalannya yang terjal, gua ini banyak didatangi oleh muda-mudi yang suka wisata gunung.

Guanya terdiri dari batu-batu tersusun seperti tempat duduk. Konon cerita masyarakat setempat dihuni Harimau. Jika datang terlalu sore, katanya lagi, akan bertemu Harimau di sana. Tetapi katanya, Harimau yang menjaga gua sudah jinak dengan masyarakat setempat, untuk itu perlu berhati-hati.

Setiba di gua, AcehNews.net melihat dinding gua ini mengalami banyak coretan alay yang diduga dilakukan oleh muda-mudi yang tidak bertanggung jawab. Padahal gua ini adalah gua stalatit dan stalagmit  yang jarang ada di Aceh akibat kejadian alam.

Gua Sayeng Terbang,  menurut masyarakat setempat berarti batu terbang.  Dari tempat ini, Anda bisa  melihat dari sekeliling gua, keindahan Desa Masen dari ketinggian 15 meter. Ohya, selain itu di Gua Sayeng Terbang terdapat banyak pohon dengan bungannya berbentuk bintang, bewarna merah dan hitam (di larang petik dan merusaknya)

Gua yang dikelilingi hutan lebat, meski belum menjadi objek wisata andalan Aceh Jaya, karena jalannya yang terjal, namun gua ini tidak sepi dari pengunjung yang suka tantangan. Untuk bisa ke tempat ini, disarankan mencari informasi lebih dulu kepada warga  dan  ikutsertakan warga sebagai guide karena untuk menghindar dari Harimau muncul tiba-tiba.

Selain itu, pakai lah sepatu gunung, pakaian yang sopan yang digunakan untuk mendaki dan membawa air secukupnya, serta alat-alat P3K. Pastikan juga saat melakukan pendakian tubuh dalam kondisi fit, supaya bisa menikmati pemandangan dari atas Gua Sayeng Terbang di Desa Masen, Aceh Jaya, Provinsi Aceh.  (nita juniarti)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com