Mahasiswa UGP Lakukan Penghijauan Blang Bebangka

TAKENGON – Sekitar lapangan Pacuan kuda Muhammad Hasan Gayo Blang Bebangka Kecamatan Pegasing. Mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) tersebut melakukan penghijauan didampingi oleh Dinas Perkebunan dan Kehutanan Aceh Tengah serta Camat Pegasing.

Ketika dikonfirmasi, kamis (30/4/2015), Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Aceh Tengah, Ir. Abadi mengatakan pohon yang disediakan untuk ditanami oleh mahasiswa sebanyak 100 pohon.”Jadi masing-masing mahasiswa menanam satu pohon,” ungkapnya.

Ditambahkan Abadi jenis pohon yang ditanam berupa Tanjung dan Pinus.”Kita memang gencar melakukan penghijauan di Blang Bebangka, karena kedepan diharapkan dapat menjadi ruang terbuka publik dan tempat rekreasi,” katanya.

Sementara Camat Pegasing, Kamaluddin mengharapkan penghijauan Blang Bebangka mendapat dukungan dari warga sekitar.”Masyarakat di sekitar Blang Bebangka menjadi pihak yang berdampingan langsung, karena itu kami mengharapkan warga berpartisipasi untuk ikut menjaga dan memelihara pohon yang telah di tanam,” demikian Kamaluddin.

Dinas Perkebunan dan Kehutanan Aceh Tengah beberapa waktu terakhir gencar melakukan penghijauan di sekitar Blang Bebangka yang saat ini relatif kurang hijau. Pepohonan tersebut juga diharapkan dapat seiring dengan pemanfaatan lapangan pacuan kuda maupun kegiatan masyarakat lainnya.

Terbukti beberapa pedagang penjaja makanan disekitar Blang Bebangka telah merasakan manfaat dari keberadaan pohon pinus yang sudah terlebih dahulu ditanam.”Untung ada pepohonan pinus yang dapat digunakan sebagai tempat berteduh dan dimanfaatkan oleh pembeli untuk mencicipi makanan kami,” ujar salah seorang pedagang.(emka)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *