Kesertaan Ber-KB di Aceh November Sudah Mencapai 94 Persen

BANDA ACEH | AcehNewa,net – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh menargetkan jumlah peserta Keluarga Berencana (KB) di Aceh pada tahun ini sebanyak 108. 023 orang. Sementara yang sudah terealisasi hingga November 2017 ini sebanyak 101. 598 orang atau sekitar 94 persen.

Hal ini dikatakan Kabid Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) Perwakilan BkkbN Aceh, Faridah SE,MM, dalam kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Kemitraan dengan media massa, di Aula BkkbN pada, Rabu (20/12/2017).

”Kami optimis dengan waktu yang tersisa, program tersebut akan tercapai target di akhir tahun ini,” ujarnya.

Secara umum, pemakaian alat kontrasepsi tidak memiliki kendala berarti, kecuali untuk penggunaan alat kontrasepsi jangka panjang. Namun, hal tersebut masih menjadi masalah karena banyak masyarakat yang belum mendapatkan informasi dengan benar, sehingga penggunaan alat kontrasepsi model pil suntik masih mendominasi.

Karena kata Faridah, kalau model pil dan suntik selain merugikan diri sendiri juga membebani negara. “Biaya untuk suntik dan pil itu juga berat, sementara kalau mau alat kontrasepsi jangka panjang secara anggaran memang lebih mahal, tapi jangka panjang,” jelasnya.

Sementara, untuk Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), lanjutnya, BkkbN menginginkan program yang ada di bidang keluarga sejahtera dan pemberdayaan keluarga, seperti Bina Keluarga Balita (BKB) untuk terus ditingkatkan dan program Bina Keluarga Remaja (BKR), sebab persoalan remaja menurutnya makin komplek dan perlu perhatian khusus.

”Remaja adalah generasi penerus bangsa. Untuk menghasilkan remaja yang berprestasi dan inovasi harus didukung oleh sektor yang ada pada pemerintah. BkkbN tidak bisa bekerja sendiri dan permasalahan remaja menjadi tangungjawab bersama untuk bersama-sama mencari solusinya,” kata Faridah yang didampingi Kasubbid Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi), Efiyanti SH. (haz)

Foto: Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Kemitraan dengan media massa, di Aula BKKBN Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *