Illiza: Pembangunan Bukan Cuma Soal Fisik Semata  

BANDA ACEH – Pembangunan suatu daerah bukan hanya soal fisik semata seperti membangun jalan, jembatan, dan gedung-gedung, tetapi membangun manusianya terutama soal pemahaman agama jauh lebih penting.

Begitu ungkap Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE saat memberikan kata sambutan pada Subuh Jumat Berkah di Masjid Agung Al-Makmur, Lampriet, Banda Aceh, Jumat (1/5/2015).

Akhir-akhir ini, kata Illiza, di media sosial tak sedikit pihak yang mengkritik Pemko Banda Aceh karena dinilai hanya fokus pada kegiatan agama saja. Kata Illiza, banyak masyarakat yang mengkritik Pemko Banda Aceh katanya tidak melakukan pembangunan fisik selain berdakwah.

Menjawab itu, Illiza menegaskan, saat ini Pemko Banda Aceh, share soal pembangunan fly over, gedung madani center, dan lain-lain. “Mereka  yang mengkritik Pemko Banda Aceh baru bilang ini baru namanya pembangunan. Padahal itu hanya pembangunan secara fisik,” papar Illiza.

Illiza mengatakan, Pemko Banda Aceh melakukan pembangunan fisik, namun menurutnya, membangun warga kota, terutama soal pemahaman agama jauh lebih penting dari pembangunan fisik.

Pada kesempatan itu, Illiza ikut hadir melakukan shalat berjamaah di Masjid Agung Al-Makmur. Pada kesempatan itu, Illiza mengungkapkan kebahagiannya karena melihat penuhnya shaf Shalat Subuh berjamaah di Masjid Agung Al-Makmur.

“Keutamaan Shalat Subuh dan Isya, apalagi jika dilakukan secara berjamaah sangat banyak. Namun sangat berat untuk dilakukan karena pada kedua waktu itu, manusia sedang terbuai dalam mimpi ditambah lagi kondisi sunyi dan senyap,” kata Illiza.

Untuk itu, ia mengapresiasi kepada segenap masyarakatnya yang telah menggerakkan shalat subuh berjamaah. Illiza kemudian mencontohnya negara Turki yang kini menjadi sebuah negara maju, setelah presidennya mencanangkan Shalat Subuh berjamaah kepada seluruh rakyatnya.

“Kota ini kota kita, ungkapkan rasa syukur dengan menjalankan apa yang Allah mau. Jika kita mau memperbaiki hubungan dengan Allah, maka InsyaAllah hubungan kita sesama manusia dan dunia akan dimudahkan-Nya,” pungkas Illiza.

Dari Masjid Agung, llliza dan Sekdako Banda Aceh, Ir Bahagia Dipl SE bersama sejumlah Asisten, Staf Ahli, Kepala Bagian, dan Kepala SKPD di  lingkungan Pemko Banda Aceh serta jamaah Shalat Subuh menuju ke sebuah Warkop di kawasan Lampineung untuk sarapan pagi dan ngopi bareng.

Subuh Jumat Berkah yang digagas oleh Himpunan Imam Masjid dan Meunasah (HIMNAS) Aceh ini akan digelar di Masjid Gampong Tungkop, Darussalam, Aceh Besar, Jumat depan. (zoel m)

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *