Pada HUT ke-810, Banda Aceh Raih WTP ke-7

BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemko Banda Aceh 2014 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)-RI Perwakilan Aceh, Rabu (22/4/2015) di Banda Aceh.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemko Banda Aceh 2014 dengan predikat WTP itu diserahkan kepada Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE oleh Kepala Subauditorat Aceh I BPK Perwakilan Aceh Syafruddin Lubis di kantor BPK setempat, Rabu (22/4/2015).

Dalam sambutannya, Walikota Illiza mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas raihan opini WTP yang ketujuh kalinya secara berturut-turut ini. “Ini juga menjadi ujian dan tantangan bagi kami untuk terus berjuang dan berusaha agar lebih baik lagi ke depan,”kata Illiza.

Dalam 60 hari kedepan sambung Illiza, pihaknya juga bertekad untuk segera menindaklanjuti sejumlah rekomendasi dari BPK terkait LHP atas Laporan Keuangan Pemko Banda Aceh 2014.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BPK dan semoga WTP ini memberi keberkahan kepada Kota Banda Aceh yang hari ini genap berusia 810 tahun. WTP ini juga menjadi kado bagi masyarakat Kota Banda Aceh,” kata walikota.

Mengawali sambutannya, Syafruddin mengatakan, pemberian WTP untuk Banda Aceh ini merupakan yang ketiga tahun ini setelah sebelumnya Aceh Tamiang dan Kota Langsa juga meraih prestasi serupa.

“Dari hasil pemeriksaan kami, Banda Aceh kembali meraih WTP untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut. Ini tentu tidak lepas dari kerja sama yang baik antara pihak eksekutif dan legislatif,”katanya.

Terkait penerapan sistem akuntasi akruwal pada tahun ini dan kesiapan SDM aparatur pemerintahan, BPK, kata dia, siap memfasilitasi pelatihan-pelatihan dengan mendatangkan instruktur dari Pusdiklat BPK.

“Meski telah memperoleh WTP ketujuh, kami berharap Pemko Banda Aceh jangan lengah. Harapan kita, sebagai ibukota provinsi, prestasi yang termasuk rekor nasional ini bisa tetap dijaga dan Banda Aceh bisa menjadi benchmarking bagi daerah-daerah lain,”harap Syafruddin.

Selain kepada walikota, Syafruddin yang pada kesempatan itu mewakili Kepala BPK-RI Perwakilan Aceh Maman Abdulrachman yang berhalangan hadir, juga menyerahkan satu eks berkas LHP tersebut kepada Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadhillah SIKom.

Arif Fadhillah dalam sambutan singkatnya mengatakan, pemberian opini WTP atas LHP Laporan Keuangan Pemko Banda Aceh 2014 ini merupakan kado terindah bagi Kota Banda Aceh karena bertepatan dengan hari jadinya ke-810.

“Keberhasilan ini hasil dari kerja sama semua pihak. Kami akan memonitor dalam 60 hari ke depan terkait tindaklanjut dari sejumlah rekomendasi dari BPK. Dan kami akan imbangi dengan tata kelola keuangan yang lebih baik lagi, jika bisa sampai dengan WTP ke-10 nantinya,” kata Arif.

Turut mendampingi walikota pada acara tersebut antara lain Sekdako Banda Aceh, Ir Bahagia Dipl SE, Kepala DPKAD Banda Aceh, Drs Purnama Karya MM, dan Kepala Inspektorat Banda Aceh, Rita Pujiastuti AP.(zoel m

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *