Banda Aceh dan Sabang, Dilanda Angin Kecang dan Gelombang Tinggi

AcehNews.Net|BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, memprakirakan sejumlah, 20 hingga 21 September 2016,  Kota Banda Aceh dan Sabang,  akan dilanda angin kencang dan gelombang tinggi. Masyarakat diminta waspada dengan kondisi cuaca buruk yang diprakirakan akan terjadi dua hari kedepan.

Selain Banda Aceh dan Sabang, kondisi cuaca yang sama juga dapat terjadi di Kabupaten Aceh Besar, Aceh Jaya, Suka Makmue, Calang, Blangpidie, Singkil, Sinabang, dan Meulaboh. Kecepatan angin mencapai 40 Km/jam.

“Angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet umumnya bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 06 hingga 40 Kilometer per jam,” sebut Prakirawan, Jaya Martuah Sinaga S.Si di Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (19/09/2016).

Sementara itu sejumlah wilayah lainnya di Aceh kecepatan Angin mencapai 30 Kilometer per jam antaranya, Kota Lhokseumawe, Subulussalam, Langsa, Meureudu, Biruen, Pidie, Takengin, dan Blangkejeren.

Penyebab terjadinya angin kencang dalam dua hari kedepan, jelas Jaya, terdapatnya siklon tropis Malakas di sebelah Utara Filipina, sehingga berdampak angin kencang di wilayah Aceh terutama di Sabang , Banda Aceh, Aceh Besar, dan Aceh Jaya.

“Waspada hujan sedang  hingga lebat disertai angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Aceh,” kata Jaya mengingatkan kembali.

Selain dilanda angin kencang, perairan di Aceh mengalami gelombang tinggi yang diprakirakan tingginnya mencapai 3 meter. Sebut Jaya di perairan Sabang-Banda Aceh tinggi gelombang mencapai 1.0 hingga 3.0 meter.

Bagian Barat-Selatan tinggi gelombang mencapai 1.0 hingga 2.5 meter. Sedangkan tinggi gelombang di Selat Malaka Bagian Utara  dan Samudera Hindia Barat Aceh diprakirakan mencapai 1.0 hingga 3.0 meter. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com