AKBP Untung Sangaji Ajari Anak Papua di Pelosok Merauke, Membaca dan Menulis

MERAUKE | AcehNews.net – Terus menaburkan kasih sayang kepada sesama, Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji, mengajari anak-anak Papua di wilayah Gudang, Kelurahan Kamahedoga, Kabupaten Merauke, mengenal huruf ejaan, mengambar, dan berhitung. Hal ini dilakukannya karena prihatin dengan kondisi pendidikan anak-anak Papua di Merauke di masa Pandemi Covid-19

Selama beberapa hari melakukan bhakti sosial dalam rangka operasi aman nusa matoa 2021 Polres Merauke dengan membagikan sembako, masker dan sanitizer kepada pace dan mace (sebutan bapak dan ibu bagi orang asli Papua), AKBP Untung Sangaji juga memberikan buku untuk anak-anak yang berada di paling timur Indonesia.

Pantauan AcehNews.net di lapangan, orang nomor satu di jajaran Polres Merauke ini hatinya langsung terenyuh ketika melihat anak-anak Papua masih ada yang belum bisa membaca dan menulis.

“Selain bagi sembako untuk mace dan pace. Saya bagikan buku untuk anak sekolah karena kondisinya memprihatinkan. Maka saya akan rutinitas untuk selalu begini. Momen sekali waktu datang dengan alat gambar, melukis, mengajari mereka dengan cara yang bijak, mempertimbangkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tutur AKBP Untung Sangaji kepada AcehNews.net usai kegiatan, Rabu (10/2/2021).

Kapolres yang pernah bertugas di Aceh ini, bertekad akan sering mengunjungi anak-anak Merauke terutama orang asli Papua yang terbengkalai pendidikannya dampak andemi Coronavirus Desease.

“Kita datangi mereka, belajar di area terbuka saja supaya tidak kaku karena mereka juga takut mau ke sekolah di masa pandemi Covid-19. Kita jangan parno karena Covid tidak memberikan pengetahuan/pembelajaran kepada anak-anak. Esok hari gimana kalau Covid ini jalan terus? Ya tidak banyak, mungkin cukup luma hingga sepuluh anak kita ajari,” lugasnya.

Kapolres merasa iba melihat anak yang sudah berumur tujuh sampai sembilan tahun belum mengenal berhitung. Oleh karenanya, AKBP Untung Sangaji akan mengajari anak-anak tersebut dengan mengajak PPA mulai dari pembelajaran dasar melukis, mewarnai, dan calistung.

“Saya minta didampingi PPA juga. Kalau di Aceh saya langsung datang di sawah-sawah, saya ajari anak-anak. Lalu bermain bersama mereka melukis diatas pasir agar mereka tahu baca dan mengenal huruf. Saya akan ajarkan yang ringan dulu baru yang lain,” ucap kapolres.

Putera kedua Alm. Peltu H. Muhammad Hendro dan Ibu Hj. Siti Rohani yang terkenal menjadi pemimpin berjiwa sosial tinggi ini pun menitip pesan kepada semua orang. “Berilah kepedulian kasih sayang terhangat dan terbaik untuk semua anak-anak Indonesia kita dimanapun berada. Jangan cepat bosan karna mereka sangat butuh kita,” demikian tandas AKBP Untung Sangaji. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *