Ada Apa di Pantai Putih Labuhan Haji, Aceh Selatan?

AcehNews.net – Kabupaten Aceh Selatan daerah geografisnya sedikit daratan yang bisa dihuni oleh manusia sisanya adalah bukit terjal dan dikelilingi oleh lautan dan bukit barisan.

Masyarakatnya terdiri dari tiga suku paling mayoritas suku aneuk jame sisanya suku Aceh dan Kluet. Pekerjaan sehari-hari masyarakatnya adalah bertani atau nelayan karena kebanyakan tinggal di persisir pantai atau dipinggir sungai. Jarak dari Banda Aceh ke Aceh selatan menempuh jalur darat sekitar 9 jam perjalanan darat dengan menggunakan mobil angkutan penumpang.

Keadaan alamnya membuat Aceh Selatan terkenal dengan surganya pantai. Salah satunya adalah Pasir Putih Labuhan haji. Pasir putih ini berletak di Labuhan Haji Barat lewat pelabuhan, masuk lorong dengam perjalanan sekitar 10 menit dari jalan nasional.

Pantai ini berpasir putih kemudian dipinggirnya ada karang menandakan bahwa pantai tersebut tidak dalam. Pantai putih ini juga memiliki warna air lautnya gradiasi tiga warna dari biru, biru tua, dan biru muda. Pantainya tidak terlalu besar bahkan cenderung hampir memakan jalanan karena terus terjadi abrasi. Beberapa tempat sudah ditanggul.

Di Pantai Pasir Putih ini terdapat Kafe Rumah Pohon. Sebuah rumah kecil di pohon yang disediakan untuk pengunjung bersantai menikmati pemandangan lantai dari ketinggian. Di kafe ini juga dilengkapi dengan wahana permainan ayunan dan permainan briliyar (di sini disebut dengan tusod) namun permainan itu tidak boleh berjudi hanya main saja.

Pemain Tusod tidak diminta bayaran cukup memesan kopi dari kafe. Harga di kafe tersebut juga tidak menguras kocek. Biasanya tempat ini akan ramai jika hari libur dan hari perayaan besar seperti makmegang dan kenduri laot. Tertarik? Ayo ke Labuhan Haji, Aceh Selatan. (nita juniarti)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com