Disalurkan Melalui Kemensos RI,
Aceh Terima Bantuan Sosial Korban Gempa Rp5,48 Miliar

AcehNews.net|BANDA ACEH – Besar bantuan sosial yang disalurkan Pemerintah melalui Kementerian Sosial untuk korban gempa aceh mencapai Rp5,48 miliar. Bantuan sosial tersebut telah disalurkan pada 07 Desember 2016 lalu, hari dimana musibah gempa itu terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Bireuen, dan Pidie.

Bantuan yang diberikan diantaranya bantuan logistik sebesar Rp2 miliar, santunan korban Rp2,2 miliar, bantuan sandang Rp110 juta, bantuan peralatan sekolah Rp75 juta, dan bantuan tool kit psikososial sebesar Rp115 juta.

Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa Jumat kemarin (09/12/2016) di Banda Aceh menyebutkan, santunan korban diberikan kepada 96 ahli waris dari korban meninggal dunia dengan jumlah masing-masing sebesar Rp15 juta, dan 153 korban luka berat lainnya masing-masing menerima santunan sebesar Rp5 juta.

“Angka itu bisa saja bertambah sesuai situasi kondisi di lapangan. Namun yang penting, kata Khofifah, penyaluran seluruh bantuan dilakukan merata dan proporsional sesuai kebutuhan di lapangan,” kata Khofifah kepada wartawan.

Kemensos RI kata Khofifah, akan terus memonitor dan meminta tim untuk menyisir para korban gempa di tiga kabupaten yang terdampak parah yaitu Pidie Jaya, Pidie, dan Bireuen.

“Pokoknya, jangan sampai ada pengungsi yang tidak memperoleh bantuan dan terlantar,”tegasnya.

Khofifah menambahkan, tim dukungan psikososial Kemensos yang terdiri dari psikolog dan relawan telah melaksanakan tugasnya dengan memberikan layanan trauma healing dan konseling kepada korban gempa.

“Saya berharap para korban bisa segera melupakan kejadian gempa dan kembali bangkit dan bersemangat menjalani kehidupan,” demikian pesan dan harapanya kepada masyarakat Aceh. (agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *