6 Objek Wisata Menarik di Kota Islami Banda Silahturahmi

Seperti yang kita ketahui Aceh merupakan Serambi Mekah yang kaya akan panorama alam, cagar budaya dan multi cultural yang layak dan pantas di jadikan objek wisata. Mulai dari wisata laut di ujung sabang , panorama alam di Aceh Tengah serta berbagai objek wisata lainnya yang tersebar di seluruh penjuru tanah rencong. Dan sekian banyak obsjek wisata, Kota Lhokseumawe menjadi salah satu opsi yang menarik untuk di kunjungi.

Anda pasti bertanya apa yang dapat di tawarkan oleh Kota Lhokseumawe sehingga menarik minat wisatawan baik regional maupun internasional untuk singgah di Lhokseumawe.

Lhokseumawe adalah Sebuah kota yang berada di lintas Medan Banda Aceh yang merupakan jalur strategis bagi wisatawan yang ingin menikmati jalur darat di tanah Aceh. Oleh sebab itu Lhokseumawe menjadi tawaran menarik bagi wisatawan untuk dijadikan kota singah dalam perjalanan.

Islamic Center

Syariat Islam yang ada di Aceh membuat bangunan masjid yang beraneka ragam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Layaknya di berbagai daerah Aceh lainnya masjid menjadi identitas pribumi yang mencerminkan nilai-nilai yang di anut dalam masyarakat.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam atau yang lebih di kenal dengan sebutan Islamic Center (Al-Markazul Islami) yang di berdiri megah di tengah kota, merupakan sebuah ikon baru wilayah Lhokseumawe sebagai pusat perkembangan Islam. Arsitektur masjid bernuansa Timur Tengah mempunya nilai-nilai seni tinggi yang menggugah mata para wisatawan, suasana area masjid yang nyaman menambah pesona masjid untuk disinggahi.

 Taman kota

Setelah menikmati megahnya bangun mesjid islamic center alangkah baiknya beristihat sejanak di taman kota. Lhokseumawe menawarkan taman kota yang nyaman untuk di singgahi. Ada beberapa opsi taman kota di Lhokseumawe. Anda bisa berkunjung ke Taman Kota Selamat datang yang merupakan taman kota pertama di Kota Lhokseumawe.

Atau menikmati rindangnya rimbunan pohon di taman riyadhan sembari terapi kesehatan yang di sediakan dalam jajaran batu-batu kecil yang mempunyai berbagai khasiat dalam mengatasi berbagai penyakit. Dan tak lengkap rasanya jika anda tidak menginjakkan kaki di Lapangan Hiraq yang merupakan pusat kegiatan formal di Lhokseumawe. Seperti agenda 17-an, upacara bendera serta berbagai macam agenda pemerintahan lainnya.

Kuliner

Lhokseumawe juga mempunyai berbagai macam jajan rakyat yang menggugah selera makan, misalanya saja siomay Aceh yang berada di depan Lapangan Hiraq ramai di kunjungi warga setiap harinya. Ada juga mie Banglades yang siap memuaskan nafsu lapar setiap saatnya. Begitu pula dengan rujak mameh yang dapat di nikmati di berbagai sudut Kota Lhokseumawe.

Wisata Histories
sejarah banyak menjejakkan kakinya di Lhokseumawe, namun sering tidak terekpos pada khalayak ramai. Makam Potroe Neng di Blang Payang patut di angkat kebali karena mempunyai nilai historis dalam peradaban Kota Lhokseumawe. Makam putri dari China tersebut menjadi wahana baru yang mengisi perkembangan sejarah di kota “petro dollar” .

Selain itu juga gua jepang di jajaran bukit Blang Payang juga menawarkan objek wisata yang kaya akan nilai sejarah. Sedangkan di Pantai Jomblang terdapat bunker peninggalan Jepang pada perang duania ke II. Tentu saja ini menjadi nilai tambah bagi Kota Lhokseumawe untuk di jadikan objek wisata yang menjanjikan.

 Pagi Manis di Pantai Ujoeng Blang

Tak hanya wisata sejarah dan cagar budaya, Lhokseumawe juga mempunyai wisata bahari yang cukup menarik bagi wisatawan. Pantai Ujoeng Blang misalnya, tempat tersebut menawarkan panorama laut lepas pantai yang di suguhi budaya tarek pukat yang ada di sepanjang jajaran pantai.

Selain itu di sana juga terdapat pondok-pondok yang berdiri dengan berbagai desain yang dapat di sesuaikan dengan selera pengunjung, sehingga wisatawan dapat menikmati alunan ombak dan semilir angin laut yang berhembus dengan menikmati berbagai hidangan makanan dan minuman.

 Santai Malam Di Waduk Dan Bugoeng Jaroe

Waduk bagi masyarakat Kota Lhokseumawe merupakan wahana baru yang mempunyai berbagai keuntungan baik itu bagi nelayan sampai pedagang yang menunjang sektor ekonomi. Ada banyak hal yang menarik di waduk, segarnya udara pagi yang menjadikannya arena jogging, hembusan angin sore yang nyaman sambil menikmati jajanan rakyat dan suasana malam yang di hiasi lampu yang berjajar di sepanjang jalan menjadi point penting yang menarik wisatawan untuk menginjakkan kakinya di objek wisata ini.

Saat pulang tak lengkap rasanya jikaAnda tanpa membawa kenang-kenangan dari “Kota Gas” wisatawan dapat membeli berbagai aneka kerajinan tangan di Lhokseumawe sebagai buah tangan untuk di bawa pulang, sovenir dapat berupa gantungan kunci , kipas kecil, dan tas khas Aceh.

Dari sekian hal menarik yang di tawarkan Lhokseumawe, sangat di sayangkan rasanya jika dalam perjalan tak singah sejenak di kota ini, sebuah kota yang beautiful, religius, peacefull and icreadible siap menyambut berbagai wisatawan yang berkunjung untuk menikmati berbagai objek wisata. Jika anda merasa tertarik untuk merasakan sensasi baru di kota singgah maka silahkan kunjungi kota kami, Kota Lhokseumawe Kota Islami Banda Silahturahmi. (Irhamuddin/*)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com