Waspada, Gelombang Laut Barat-Selatan Aceh Capai 3 Meter

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Blang Bintang, Aceh Besar menyampaikan peringatan dini tinggi gelombang laut di perairan Barat dan Selatan Aceh diprediksi bisa mencapai tiga meter, pada Jumat (28/11) dan Sabtu (29/11).

Menurut BMKG, seperti disampaikan prakirawati, Nasyithah Az-Zahra Lubis kepada AcehNews.net, Kamis (27/11), waspada gelombang tinggi yang mencapai 0,75 hingga 3,0 meter, berpeluang dapat terjadi di wilayah pelayaran pantai Barat dan Selatan Aceh.

Dari amatan yang dilakukan melalui pantaua Citra Satelit, di wilayah atas atsmosfit Barat dan Selatan Aceh, adanya perkumpulan awan hujan yang cukup tinggi sehingg memicu tinggi gelombang. Serta angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah Barat Laut, Utara dan Timur Laut dengan kecepatan 05 – 30 Km/jam.

“Perlu diwaspadai kondisi gelombang tinggi ini bagi nelayan dan pelayaran,” kata Nasyithah mengingatkan.

Sementara itu gelombang tinggi juga terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh dengan ketinggian mencapai 0.5 – 2.0 meter dan di perairan Utara dan Timur Aceh diprakirakan mencapai 0.5 – 1.25 meter.

Selain mengalami tinggi gelombang di wilayah tersebut, kondisi cuaca di Provinsi Aceh pada umumnya berawan dan berpotensi hujan sedang. Hujan dengan intensitas sedang terjadi di Tapaktuan, Kutacane, Singkil, Blangpidie, Blang Kejeren, dan Subulussalam. (saniah ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *