Warga Panton Luas Gantungkan Handphone di Pohon Biar Dapat Sinyal

Acehnews.net| TAPAKTUAN – Sebagian besar masyarakat sudah lama menikmati kemajuan teknologi seperti berkomunikasi lewat handphone dan mengakses internet dengan mudah namun hal tersebut belum sepenuhnya dirasakan oleh warga yang tinggal di Desa Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Untuk berkomunikasi lewat handphone warga Desa Panton Luas, harus mencari lokasi tertentu yang ada sinyal selulernya itu pun  ketika berkomunikasi acap kali putus disebabkan jaringan yang tidak stabil padahal jarak tempuh  antara desa dengan ibu kota kecamatan berjarak sekitar 15 kilometer.

Warga desa dengan jumlah penduduk sekitar 600 jiwa ini memanfaatkan tempat balai pertemuan pemuda  untuk bertelepon karena tempatnya yang tinggi.

Menurut warga setempat, sekitar 5 tahun yang lalu  di desa ini  warga pernah memasang  penguat sinyal namun hasilnya juga belum maksimal dan hanya berjalan beberapa bulan alat ini tidak dapat difungsikan lagi  karena keterbatasan biaya perawatan.

Bahkan tidak jarang warga harus menggantungakan handphone di batang pohon yang memiliki sinyal agar ketika dihubungi atau menghubungi saudara atau kerabat tidak sulit.

“Di Desa Panton Luas, memang sulit untuk berkomunikasi dengan mengunakan handphone apalagi mengakses internet  sehingga masyarakat yang ingin menghubungi saudara atau teman harus mencari lokasi yang lebih tingg,” .ujar Yarni warga Desa Panton Luas kepada AcehNews.net,  Kamis (21/04/2016).

Warga berharap kepada pemerintah dapat memfasilitasi atau meminta investor jasa telekomunikasi untuk membangun tower di desa mereka.(ii tarigan)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *