WALHI Gelar Seminar Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

BANDA ACEH – Seminar Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim Berbasis Kearifan Lokal di Kemukiman Lutueng, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie, merupakan bentuk respon Wahan Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Aceh dalam memberikan solusi dan menjawab berbagai permasalah lingkungan hidup di Aceh melalui penguatan kapasitas bagi warga.

Kegiatan ini yang dihadiri oleh pihak Muspika Kecamatan Mane, Imum Mukim Lutueng, perwakilan Dinas Kehutanan setempat, pihak LPHD, dan perwakilan masyarakat di tiga desa sekitar 50 orang. Selain WALHI Aceh kegiatan ini turut juga dihadiri oleh LBH Banda Aceh  dan wakil FFI yang juga melaksanakan program di Mane.

Dalam pengantar Imum Mukim Lutueng, Sulaiman, SE menyampaikan program yang dijalankan oleh Walhi Aceh bagian dari upaya peningkatan kapasitas masyarakat dalam memaksimalkan fungsi hutan desa di Kemukiman Kutueng.

“Kami berharap kepada semua masyarakat untuk  memberikan dukungan dan kerjasamanya sehingga sukses program yang dijalankan.Selain itu Muspika Kecamatan Mane memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Walhi Aceh dalam pelaksanaan program di lapangan dengan harapan koordinasi dan komunikasi terus terjadi,” kata Sulaiman.

Sementara itu M. Nur, Direktur WALHI Aceh menyampaikan secara umum program yang akan dijalankan bertujuan untuk membantu masyarakat dan pemerintah mempercepat pengelolaan hutan desa setempat, sehingga masyarakat dapat terlibat penuh dalam agenda perubahan iklim dalam rangka mencegah dampak yang negatif yang ditimbulkan saat ini dan masa akan datang melalui pengelolaan hutan kepada masyarakat mengedepankan kearifan lokal.

“Pendampingan WALHI Aceh terhadap kecamatan mane sebagai lokasi strategis penyelamatan sumberdaya alam yang berkelanjutan dari kesediaan air bersih dan pangan bagi mahkluk hidup di Provinsi Aceh, dan secara khusus bagi Kabupen Pidie, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Jaya, dan Bireuen dalam menjaga sumber penghidupan,” demikian kata M.Nur dalam diskusi tersebut. (saniah ls/rilis)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *