Selusin Cara Biar Tetap Sehat Di Masa Pandemi Covid-19

AcehNews. Net – Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia dan Aceh khususnya, masih belum pulih. Angka kasus terus meningkat setiap tahun, namun tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona belum maksimal.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani melaporkan per 17 Mei 2021, jumlah kasus secara akumulatif telah mencapai 12.340 kasus. Rincinya, para penyintas, yang sembuh sebanyak 10.331 orang, masih dirawat 1.510 orang, dan penderita yang meninggal dunia telah mencapai 499 orang.

Nah, untuk menghindari dan memutus rantai penularan Covid-19; serta menjaga kesehatan dan meningkatkan imun, berikut ini adalah beberapa tips agar Tetap Sehat di masa Pandemi Covid-19 yang dapat Anda lakukan:

1. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
Biasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir atau bisa juga memakai handsanitizer (bisa dibawa kemana-mana),

2. Memakai Masker
Upayakan selalu memakai masker dalam setiap aktifitas baik di dalam maupun luar rumah.

3. Jaga Jarak dan Jauhi Kerumunan
Upayakan keluar rumah jika hal penting.
Dan saat keluar rumah, pastikan menjaga jarak diatas 1,5 meter dan hindari kerumunan, untuk upaya ini guna menghindari penularan. Virus Covid-19 menyebar lebih mudah di tempat-tempat keramaian, antaranya mall, pasar, dan tempat wisata.

4. Mengelola Stress
Berupaya agar tetap tenang dan berpikiran positif sangat penting untuk menghindari stres. Pengendalian stress yang baik maka Kortisol; yaitu hormon yang dilepaskan saat seseorang stres; akan terkendali dan dapat membantu tubuh melawan peradangan dan penyakit.

“Mengurangi stres sehingga Anda dapat fokus pada hidup sehat adalah hal yang paling penting,” kata dr Mateo Valenti, ahli penyakit dalam asal Beaumont, Amerika Serikat.

5. Tidur yang Cukup
Anak-anak membutuhkan tidur lebih banyak dari pada orang dewasa. “Tidur yang baik memungkinkan tubuh untuk meremajakan sel-sel dan melawan infeksi virus bersama dengan pola makan yang baik dan seimbang,” ungkap dr Valenti.

Upayakan untuk tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam, dan jika mulai merasa sakit, tambahlah waktu istirahat.

6. Makan Banyak Buah dan Sayuran
Untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Sangat disarankan untuk Mengkonsumsi berbagai macam buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin, baik vitamin C, vitamin D, mineral, serta vitamin penting lainnya untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

7. Menjaga Berat Badan
Untuk menjaga berat badan, dr Wendy Miller dari Beaumont Weight Control Center menyarankan agar menjauhi makanan olahan, seperti kerupuk, keripik, roti dan permen, serta makanan yang digoreng. Mengonsumsi makanan rendah lemak serta sayuran dan buah dapat membantu berat badan terjaga.

Menurut dr Miller, makanan olahan tidak akan membuat Anda kenyang, justru membuat Anda ingin makan lebih banyak. Hal ini bisa memicu kenaikan berat badan.

8. Olahraga Teratur
Aktifitas fisik selama 30 hingga 60 menit secara rutin akan membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik. Olahraga selain menyehatkan tubuh juga dapat meningkatkan imun Anda. Aktifitas sehat bisa dilakukan di rumah, jalan kaki, lari dan senam ringan di sekitar perkarangan rumah.

9. Minum banyak Air Putih
Rajin minum air putih dapat menjaga hidrasi agar tubuh tidak kekurangan cairan. Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa membuat tubuh menjadi lemas bahkan pingsan.

10.Batasi Penggunaan Media Sosial
Mengikuti perkembangan berita yang sedang terjadi memang penting, tetapi jika berdampak pada psikis, sebaiknya batasi penggunaan media sosial. Terus-menerus terpapar berita yang tidak baik akan berdampak negatif bagi kesehatan mental.

11. Sibukkan Diri dengan Berbagai Aktivitas
Menjaga kesehatan mental saat pandemi selanjutnya dapat dilakukan dengan menyibukkan diri melakukan berbagai aktivitas yang disukai. Melakukan kegiatan yang disukai akan menghindari kamu dari pikiran negatif.

Berupayalah untuk tetap tenang melalui berbagai cara; antara lain dengan meluangkan waktu untuk menekuni hobi. Bisa berkebun, merawat dan budidaya tanaman hias maupun ikan cupang, dan laun sebagainya.

12. Hindari Berbagi Barang Pribadi
Jangan berbagi barang-barang pribadi dengan siapapu; karena ada kemungkinan terkontaminasi dengan virus atau mikrooragnisame lainna, seperti parlatan makan, perlatan mandi, dan peralatan lainnya. Kondisi seperti ini, harus lebih ditingkatkan jika berada dilingkungan orang yang sakit.

Berikut ini adalah rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, Tips agar tetap sehat di masa Pandemi Covid-19:
1. Di Rumah Aja
Konsumsi Makanan Sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh
Kurangi konsumsi alkohol dan minuman bergula

2. Aktivitas Fisik 30 Menit/hari
Jika bekerja di rumah.Setiap duduk 30 menit, istirahatlah

3. Stop Merokok. Merokok meningkatkan risiko infeksi dan akan memperparah komplikasi akibat Covid-19.

4. Jika Anda stres, bingung dan takut, bicarakan perasaan Anda pada orang yang Anda kenal dan percaya dapat membantu.

5. Saling menguatkan diantara keluarga, tetangga dan teman, rasa kasih sayang juga menjadi obat.

6. Beribadah, baca buku, dengarkan musik, dan jangan cemas.

Sudah dua tahun pandemi Covid 19 menyerang Indonesia dan Aceh, namun pandemi ini masih ada dan angka kasua kian bertambah. Meski pun sudah berbagai cara dan kebijakan dilakukan, untuk memutus mata rantai penyebarannya.

Sekarang kembali kepada kita pribadi menjadi ‘unggul’ di dalam kualitas kesehatan dan imun. Yuk, mengapa tidak kita coba terus menerapkan gaya hidup sehat di atas untuk tetap menjaga kesehatan diri di masa pandemi ini. (Saniah LS & Nita J/dari berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *