Seleksi Duta Pelajar Kamtibmas di Abdya Ikuti Protokol Kesehatan

BLANGPIDIE | AcehNews.net – Dua unit bak untuk cuci tangan, handsanitizer, dan
semua peserta yang hadir terlihat memakai masker. Serta kursi pun tersusun rengang, diberi jarak. Begitulah terlihat protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di aula Dinas Pendidikan Aceh Barat Daya, Kamis (26/11/2020).

Di aula tersebut sedang berlangsung sebuah kegiatan kolaborasi antara Polres dengan Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Aceh Barat Daya. Kegiatan itu diberi nama seleksi Duta Pelajar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) jenjang SMA/SMK Se-Kabupaten Abdya.

“kegiatan ini kita lakukan untuk memenuhi keingginan masyarakat yang mengharapkan peran aktif anggota Polri khususnya Polres Aceh Barat Daya agar terus meningkatkan perannya untuk menjalin kemitraan dengan segenap lapisan masyarakat demi terwujutnya Kamtibmas yang kondusif,” kata Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK, saat membuka kegiatan tersebut.

Lanjutnya, guna menciptakan Kamtibmas di tengah masyarakat, diperlukan langkah-langkah kebijakan untuk mengatasi permasalahan dengan cara memantapkan dan mengembangkan kegiatan pembinaan di tengah-tengah masyarakat.

“Ini juga wujud implementasi dari program Polisi Saweu Sikula di Aceh pada 2020. Dan tindaklanjut dari Memorandum Of Understanding (MoU) nomor : 421/B.2/1771/2016 dan MOU/13/VII/2016, tanggal 19 Juli 2016 antara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dengan Dirbimas Polda Aceh,” jelas Kapolres.

AKBP AKBP Muhammad Nasution mengatakan, kegiatan ini diharapkan, agar generasi muda memahami pentinya pemahaman dan kesadaran peserta didik dalam program Kamtibmas di kalangan siswa dan membangun semangat nasionalisme dalam diri generasi bangsa sejak dini.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Abdya, Drs Syarbaini M.Si mengatakan, pemilihan Duta Kamtibmas yang mengukuti protokol kesehatan, merupakan program kerja sama antara Dinas Pendidikan dengan Polda Aceh yang telah dimulai sejak 2017. Tujuannya, antara lain, menumbuhkan kesadaran hukum di kalangan generasi muda sejak dini.

Dia menjelaskan, terdapat 40 siswa dari seluruh SMA dan SMK se-Abdya yang mengikuti kegiatan tersebut. Penampilan para siswa di ajang ini dinilai oleh lima dewan juri yang berasal dari Polres setempat.

“Nanti yang dinobatkan sebagai duta, akan mewakili Abdya di tingkat provinsi pada Desember mendatang di Banda Aceh,” demikian tutupnya. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *