Sejumlah Wilayah di Aceh Dilanda Angin Kencang dan Gelombang Tinggi  

AcehNews.Net|BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, memprakirakan sejumlah wilayah di Aceh dua hari ke depan, 24 hingga 25 Juni 2016 akan dilanda angin kencang dan gelombang tinggi. Untuk itu BMKG meminta masyarakat agar waspada dengan kondisi tersebut.

Pada umumnya Provinsi Aceh kondisi peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sejumlah wilayah di Aceh yang mengalami hujan dengan intensitas sedang yaitu Blang Kejeren, Simpang Tiga Redelong, Sabang, dan Subulussalam.

Sementara itu, kecepatan angin yang bertiup permukaan ketinggiannya mencapai 3.000 feet yang bertiup dari arah Barat hingga Barat Daya dengan kecepatan 07 hingga 45 Kilometer per jam.

“Perlu diwaspadai angin kencang disertai hujan ringan hingga sedang disebahagian wilayah Aceh. Kecepatan angin 07 hingga 45 Kilometer per jam diprakirakan akan melanda Aceh Besar, Sabang, Banda Aceh, Aceh Jaya, dan Aceh Barat,” sebut Prakirawan Khairul Akbar kepada AcehNews.net, Kamis (23/06/2016).

“Kondisi ini terjadi karena adanya gangguan tekanan udara di Samudera Hindia. Angin kencang juga dapat memicu terjadinya gelombang tinggi diperairan di Aceh,” jelas Khairul.

Selain dilanda angin kencang, sejumlah perairan di Aceh mengalami gelombang tinggi. Tinggi gelombang Samudera Hindia Barat Aceh diprakirakan 2.5 hingga 5.0 meter dan tinggi gelombang Selat Malaka bagian Utara Aceh diprakirakan 0.25 hingga 4.0 meter.

Sementara itu, tinggi gelombang perairan Barat dan Selatan Aceh diperkirakan 0.5 hingga 3.0 meter. Tinggi gelombang perairan Utara dan Timur Aceh diperkirakan 0.25 hingga 1.0 meter dan tinggi gelombang perairan Sabang dan Banda Aceh diperkirakan 0.5 hingga 3.5 meter. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *