Satgas Yonif 406/CK Berbagi Masker kepada Warga di Tapal Batas RI-PNG

MERAUKE | AcehNews.net – Untuk kesekian kalinya, Satgas Yonif 406/CK memberikan sosialisasi dan membagikan masker kepada warga tapal batas Republik Indonesia-Papua New Guinea (RI-PNG).

Warga Kampung Tembutka Lama, Distrik Ninatie, Kabupaten Boven Digoel, Papua salah satu sasarannya. Kepedulian tak terbatas itu semata-mata untuk memerangi, mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Dansatgas Yonif 406/CK Letkol Inf Andi Sulistyo K.P, S.Sos. M.Tr. (Han) dalam rilis tertulisnya yang diterima AcehNews.net menuturkan, dalam pelaksanaan tugas TNI selalu membantu dan mendukung kebijaksanaan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

“Seperti hari ini, Pos Tembutka Lama dipimpin Serda Jumiadin bersama enam orang anggota melaksanakan sosialisasi dan membagikan masker dengan menyambangi rumah warga secara door to door,” jelas Letkol Inf. Andy Soelistyo, Kamis (28/5/2020).

Menurutnya, aksi peduli itu bentuk peran Satgas dalam membantu tugas Pemda Kabupaten Boven Digoel mengatasi terbatasnya ketersediaan Alat Pelindung Diri (ADP) yang dimiliki warga sekaligus mencegah penyebaran covid-19 diperbatasan RI-PNG.

“Dengan kemampuan yang kami miliki, Satgas akan selalu berupaya membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat. Kami berdoa wabah ini cepat berlalu dan kehidupan dapat kembali normal, sehingga warga dapat beraktivitas. Kasihan warga yang berpenghasilan harian, kalau tidak bekerja maka tidak ada penghasilan. Untuk makan sehari-hari juga kebingungan,” ungkap Dansatgas.

Warga diingatkan tetap menjaga jarak apabila berinteraksi, mengganti jabat tangan dengan salam silang depan dada, cuci tangan dengan sabun sehabis kegiatan dengan benar, menggunakan masker dan makan makanan yang bergizi serta atur pola hidup yang benar.

“Sosialisasi seperti ini sangat perlu kita ajarkan, agar mereka juga paham dan mengerti cara mencegah penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini telah menjadi musuh utama di seluruh penjuru dunia,” tegasnya.

Dalam kegiatan ini pula, imbuh Letkol Inf. Andy Soelistyo, Satgas saling bersinergi dengan instansi terkait dan berkoordinasi dengan pemerintahan di Distrik Ninatie Kabupaten Boven Digoel.

Di tempat terpisah, Kaur Pemerintahan kampung Tembutka Lama, Cornelis Jekaubim (45) mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 406/CK yang telah mengadakan sosialisasi dan membagikan masker bagi warga kampungnya.

“Kami rasa bangga kepada bapak TNI yang bertugas menjaga perbatasan, TNI sangat peduli kepada warga di perbatasan sehingga Kami merasa aman dan kesehatan warga Kami terpantau okeh Satgas Yonif 406/CK pos Tembutka Lama. Semoga TNI selalu jaya dan bapak-bapak TNI berhasil dalam tugasnya, Tuhan Memberkati,” demikian tandasnya. (Hidayatillah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *