Program Kampung KB Entaskan Kemiskinan

KUTA MAKMUE | AcehNews.net – Program Kampung Keluarga Berencana (KB) selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat desa/gampong juga upaya mengentaskan kemiskinan.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (ADPIN) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh saat mencanangkan 14 Kampung Keluarga Berencana serentak di Kabupaten Nagan Raya, Kamis lalu (11/10/2018).

“Pembentukan Kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat gampong melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan program pembangunan lintas sektor lainnya yang terintegrasi, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas dan sejahtera,” kata Faridah.

Pencananqgan 14 Kampung KB Serentak tersebut dilakukan di Desa Suak Peureubong, Kecamatan Seunagan Timur oleh Bupati Nagan Raya, M. Jamin Idham dan didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Aceh yang diwakili Kabid ADPIN, Faridah, Kepala OPD KB, Ujang, Camat Seunagan Timur, Saiful Bahri, dan Keuchik Peureubong, Balukia Daud.

Faridah juga meminta kepada pemerintah daerah dan masyarakat agar mendukung program Kampung KB yang juga mengentaskan kemiskinan dan jangan diartikan program nasional tersebut bahwa masyarakat harus ikut KB dan memiliki jumlah anak dua.

“Ikut KB dan memiliki jumlah anak di atas dua adalah Hak Asasi Manusia. Tidak ada paksaan. Silakan memiliki anak lebih dari dua dan dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah kualitas anak itu sendiri. Kualitas gizinya, kesehatannya, dan pendidikannya,” kata Faridah.

Program Kampung KB lanjutnya, meningkatkan partisipasi keluarga, masyarakat, peran pemerintah, lembaga non pemerintah serta swasta dalam melaksanakan program KKBPK yang terintegrasi dengan program pembangunan lintas sektor lainnya, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah.

Prinsipnya Program KKBPK, jelasnya, mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan.

Keberhasilan program KKBPK menurut Faridah, dapat dilihat dari beberapa aspek. Pertama, aspek pengendalian kuantitas penduduk, kedua, aspek peningkatan kualitas penduduk yang dalam hal ini diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya.

“Peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusur melalui berbagi indikator yang merupakan pencerminan dari pelaksanaan delapan fungsi keluarga yaitu, fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan fungsi lingkungan,” jelasnya lagi.

Kampung KB juga merupakan wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan Nawacita ke 3, 5, dan 8. Nawacita ketiga yaitu yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Nawacita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta Nawacita kedelapan yaitu  melakukan revolusi karakter bangsa.

Sementara itu Bupati Nagan Raya, M. Jamin Idham dalam sambutannya mengatakan,manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Program Kampung KB,menurutnya, tak hanya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan, tetapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan.

“Kami sangat mendukung program Kampung KB. Kita akan bangun sarana jalan dan irigasi yang dibutuhkan masyarakat di Desa Suak Peureubong, Kecamatan Seunagan Timur yang merupakan salah satu desa yang tertinggal.Sebagaimana yang disampaikan Keuchik dan camat. Serta pemanfaatan lahan kosong baik disektor pertanian, perkebunan, maupun perikanan juga akan kami dukung,” kata Bupati.

Untuk bisa diplotkan anggaran, Bupati menyarankan agar dibuat proposal dan diajukan saat Musrenbang,sehingga program pembangunan jalan, irigasi dan lainnya menjadi program prioritas pemkab Nagan Raya. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *