Peringati HKBG Ke-67, Warga Simeuleu Gratis Periksa Iva dan Payudara Klinis

SINABANG | AcehNews.Net – Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67 Tahun 2019, masyarakat Simeulue Kamis kemarin (15/8/2019) memeriksakan Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan payudara klinis (Sadanis) di Puskesmas Desa Kuala Makmur, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.

Kegiatan ini sendiri digelar Bhayangkari Cabang Simeulue yang juga dihadiri Ketua Bhayangkari cabang Simeulue, Ny. Fani Ardanto bersama pengurus Bhayangkari dan Polisi wanita (Polwan), didampingi Baurkes Polres, Brigadir Ahmad Raja Mulia.

Menurut panitia kegiatan, pemeriksaan tersebut sebagai rangkaian dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) yang ke-67 Tahun 2019, dengan mengusung tema “Mari Hidup Sehat Melalui Deteksi Dini Kangker Dengan Tes IVA dan Sadanis”.

Ketua Bhayangkari Dacil Polres Simeulue Ny. Fani Ardanto yang juga merupakan seorang dokter Gigi, kepada AcehNews.net mengatakan, bahwa sangat penting mendeteksi kanker sejak dini. Selain untuk pencegahan, juga untuk meminimalisir terjadinya kanker leher rahim agar hidup kaum wanita lebih sehat dan berkualitas karena terhindar dari kanker.

“Sebagai informasi, kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan skrining kesehatan, sehingga semua kaum wanita khususnya di Simeulue dapat mendeteksi sejak dini terhadap adanya penyebab kanker, sehingga bisa lebih awal untuk mengobatinya,” jelas Fani Ardanto.

Pada kesempatan tersebut, 55 peserta hadir untuk mengikuti pemeriksaan tes IVA yang terdiri dari Ketua dan pengurus serta anggota Bhayangkari Dacil Cabang Polres Simeulue, para Ketua Ranting dan sejumlah kaum wanita di Kabupaten setempat.

Untuk pemeriksaan tes IVA dan Sadanis tersebut langsung dilakukan oleh Dokter Fani Ardanto yang dibantu oleh tim medis UPTD Puskesmas Kuala Makmur.

Dan bagi masyarakat yang sudah dilakukan pemeriksaan mendapatkan souvenir tali asih dari Pengurus Bhayangkari Cabang Simeulue.

Kegiatan itu merupakan wujud eksistensi positif dari Bhayangkari Simeulue dalam memberikan hal yang bermanfaat terhadap masyarakat.(Jenedi)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com