Penyediaan Air Bersih di Banda Aceh Belum 100 Persen

BANDA ACEH – Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE saat melatik Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Kota Banda Aceh, T. Novizal Aiyub SE Ak menggantikan Junaidi S.Sos beberapa waktu lalu mengatakan, penyediaan air bersih di Kota Banda Aceh belum mencapai 100 persen.

“Soal air bersih yang menjadi kebutuhan utama masyarakat. Pascatsunami sampai dengan hari ini, cakupan pelayanannya belum mencapai 100 persen dan belum bisa memuaskan seluruh masyarakat,” kata Illiza.

Lanjut Illiza, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Dirut lama beserta stafnya sehingga cakupan penyediaan air bersih baru mampu  direalisasikan sekitar 88 persen. “Banyak masuk SMS gateway dari warga soal air bersih dan selalu saya teruskan ke Pak Junaidi. Apresiasi buat beliau yang rutin turun ke lapangan,” katanya lagi.

Pada sosok Dirut PDAM Tirta Daroy yang baru, dengan semangat baru dan pengalamannya di Aceh Besar,  Illiza berharap T Novizal mampu membawa pula perubahan ke arah yang lebih baik soal layanan penyediaan air bersih bagi warga Banda Aceh.

“Target enam bulan ke depan harus ada perubahan-perubahan besar dalam hal pendistribusian air bersih. Untuk itu kita harus terjun langsung ke lapangan. Termasuk bagaimana membangun semangat kerja dan menegakkan disiplin pegawai,” tegas Illiza.

Walikota juga meminta Dirut PDAM baru untuk melakukan mapping terhadap daerah-daerah yang belum mendapatkan akses air bersih. Illiza juga meminta kepada Dirut PDAM Tirta Daroy agar mendeteksi masalahnya kemudian disampaikan kepada masyarakat dan berikan target kapan bisa selesai masalah tersebut.

Dia juga meminta agar tim pengawas juga wajib memberi support agar amanah ini bisa berjalan dengan baik. Banyak orang yang bekerja biasa-biasa saja, tapi kita harus bekerja luar biasa karena air bersih merupakan elemen penting dalam mewujudkan Banda Aceh sebagai Model Kota Madani, kata Illiza.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan T Novizal digelar di Aula Lantai IV Balai Kota Banda Aceh, Selasa (12/5/2015), Turut hadir pada kesempatan itu Sekdako Banda Aceh, Ir Bahagia Dipl SE, para Asisten, Staf Ahli, Kabag dan jajaran pegawai PDAM Tirta Daroy, dan sejumlah anggota DPRK Banda Aceh. (zoel m)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *