Pelantikan Calon Penyuluh KB BKKBN Aceh Secara Prokes 3M

BANDA ACEH | Acehnews.net – Sebanyak 20 Pegawai Negeri Sipil Calon Penyuluh Keluarga Berencana (PNS CPKB) di jajaran Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Perwakilan, Sahidal Kastri, Senin (23/11/2020), di Banda Aceh.

Pelantikan PNS CPKB menjadi Penyuluh KB mengikuti protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan).

Sahidal Kastri usai melantik dalam pidatonya berpesan kepada penyuluh KB dan pejabat di lingkungannya yang hadir, agar setiap kegiatan yang dilakukan selalu mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan 3M.

“Seperti hari ini, pelantikan kita lakukan sesuai protokol kesehatan. Bukan itu saja, dimasa pandemi Covid-19 ini kita juga perlu tetap menjaga imun dengan menerapkan pola hidu sehat diantaranya berolahraga secara teratur,” pesannya lagi.

Sahidal juga meminta protokol kesehatan 3M juga diterapkan di dalam rumah masing-masing pegawainya, guna memutus mata rantai penularan virus Corona di keluarga.

“Ayo kita terapkan juga di rumah kita. Jangan kita mensosialisasikannya kepada masyarakat tetapi kita tidak melakukannya juga kepada keluarga kita,” ajak Sahidal.

Selain ajakan menerapkan protokol kesehatan, di dalam pidatonya, Kaper meminta kepada CPKB yang baru dilantik agar membuat ‘rekam jejak’ yang baik di dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai Penyuluh KB di tengah masyarakat, serta menjaga nama baik lembaga.

“Jangan sampai nanti ada ‘rekam jejak yang negatif’ dan akibatnya akan mencoreng nama baik BKKBN,” ucapnya.

Kaper juga meminta kepada Penyuluh KB yang baru dilantik dan Penyuluh KB di Aceh agar melaksnakan tugas dan tanggungjawabnya dengan sungguh-sungguh dan menjadikan profesi yang diemban sebagai ladang amal di akhirat nanti.

“Jadilah penyuluh KB yang selalu meng-update ilmu pengetahuan, berinovasi, dan berkreatifitas di dalam menyampaikan program Bangga Kencana di lini lapangan. Rencanakan pekerjaan dengan baik kepada masyarakat. Sebab berencana itu keren,” demikian tutupnya.

Sementara secara terpisah, salah satu penyuluh KB yang dilantik pada hari itu, Clara yang bertugas di Kabupaten Aceh Tenggara mengatakan kepada media ini, ia lebih nyaman kondisi pelantikan digelar dengan protokol kesehatan.

“Di masa Pandemi Covid-19 ini menerapkan protokol kesehatan, lama-lama akan menjadi suatu kebiasaan baru. Saya dan kawan-kawan juga siap melaksanakan arahan yang disampaikan Kaper BKKBN Aceh tersebut. Menerapkan protokol kesehatan juga di rumah,” kata Penyuluh KB yang sudah berkeluarga ini. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *