Pawai Budaya dan Mobil Hias HUT RI di Banda Aceh Berlangsung Meriah

BANDA ACEH | AcehNews.net – Ribuan warga Kota Banda Aceh dan sekitarnya menyesaki lapangan Blang Padang, lokasi start Pawai Budaya dan Karnaval Mobil Hias, Sabtu (18/7/2018).

Pawai Budaya dan Karnaval Mobil Hias dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun, dilepas Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman. Saat mengangkat bendera start tanda pawai dimulai, Walikota turut didampingi istri, Nurmiaty AR, dan Kadispora Aceh, Darmansyah, dan Kadispora Kota Banda Aceh, Hamdani.

Sebanyak 186 regu dari SD, SMP, dan SMA di Banda Aceh mengikuti even budaya ini dengan menggunakan pakaian adat dan sejumlah pakaian profesi. Sementara mobil hias yang mengikuti karnaval sebanyak 36 unit yang berasal dari sejumlah instansi pemerintah dan swasta.

Disepanjang rute yang dilalui, peserta pawai disambut ribuan warga yang berdiri berjejer di pinggir jalan mulai start hingga finish kembali di panggung utama Blang Padang. Meski cuaca Banda Aceh panas, tapi masyarakat tidak beranjak dari tempatnya menyaksikan pawai dan karnaval hingga selesai.

Walikota Banda Aceh pada kesemoatan itu mengatakan, warga kota kembali memperingati kemerdekaan RI dengan pawai budaya dan karnaval mobil hias. Kata Aminullah, selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI, even pawai budaya menjadi sarana dalam memperkenalkan budaya Aceh.

“Kita memiliki budaya yang luar biasa, ini potensi kita dalam memajukan daerah,” kata Aminullah.

Dirinya menyambut positif even ini berlangsung karena menjadi ajang silaturrahmi sesama warga kota. Selain itu, ia juga melihat kegiatan yang melibatkan ribuan warga itu dapat membangkitkan ekonomi kerakyatan dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Pada kesempatan ini juga, Walikota Aminullah juga menyampaikan harapannnya di usia kemerdekaan RI yang sudah berusia 73 tahun.

“Sudah 73 tahun Indonesia merdeka, kita patut bersyukur. Semoga bangsa ini semakin maju dan rakyatnya semakin sejahtera,” harap Aminullah.

Usai melepas start, Aminullah dan istri, Kadispora Aceh, Kadispora Koto Banda Aceh, dan sejumlah Kepala SKPA/SKPK, menaiki salah satu mobil hias menuju panggung kehormatan di depan Pendopo Gunernur Aceh. (zal mukek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *